Literasi Bencana untuk Perempuan

Satu per satu lembar timbali balik berjudul Pengurangan Risiko Bencana itu ditunjukkannya kepada hadirin. “Ayo kita buat yang seperti ini untuk belajar bersama di rumah. Tahun ini, BNPB memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana dengan mengusung tema Perempuan Guru Siaga Bencana, Rumah Sebagai Sekolahnya. Kita bisa membuat lembar timbal balik yang lebih sederhana termasuk untuk memahami Sistem Perlindungan Anak, “ujar perempuan yang sering dipanggil dengan nama YantiKerLiP tersebut. Rumah KerLiP mengajak para perempuan untuk memulai mengaktifkan literasi bencana pada Hari Perempuan Internasional, 8 Maret 2019.

Perempuan Guru Siaga Bencana

Lembar timbal balik, ular tangga, game board, buku, lagu dan gerak adalah ragam media pembelajaran literasi bencana di Rumah KerLiP yang terkumpul selama aktif berjejaring di tingkat nasional. Para perempuan yang hadir setiap #jumatbarokah di Rumah KerLiP sebagian besar adalah ibu rumah tangga yang mengantar dan menunggu anak-anak pulang dari sekolah. Dua di antaranya adalah kader posyandu RW 05 Dago.

“Mendorong perempuan menjadi guru siaga bencana memerlukan pendekatan khusus. Rumah KerLiP Bandung hadir di tengah-tengah pemukiman padat dan dekat dengan SD dan MI. Lebih dari 10 tahun, kami menggiatkan pendidikan pengurangan risiko bencana secara nasional. Alhamdulillah sekarang tersedia ruang yang lebih nyaman untuk membangun budaya sadar bencana di lingkungan sekitar. Sejalan dengan prakarsa BNPB untuk mendorong perempuan sebagai guru siaga bencana, kami memanfaatkan JumatBarokah untuk tempat belajar PRB bagi para perempuan terutama ibu-ibu sambil menunggu anak pulang dari sekolah, “ujar Fitry, pengelola Rumah KerLiP.

Proses Pembelajaran

Seperti biasa, kegiatan #JumatBarokah diawali dengan makan siang bersama.Nasi tutug oncom ayam dan karedok menjadi makanan favorit hadirin. YantiKerLiP menyajikan materi PRB dengan lembar timbal balik sebagai media. Obrolan seputar pentingnya perlindungan anak pun kembali menghangatkan suasana belajar di Rumah KerLiP. Lagu dan gerak bbmk dengan nada lagu potong bebek angsa menambah kegembiraan hadirin belajar bersama.

Kalau ada gempa lindungi kepala
Kalau ada gempa ingat bbmk
Tidak berlari
Tidak berisik
Tidak mendorong
Dan tidak kembali

Tidak berlari
Tidak berisik
Tidak mendorong
Dan tidak kembali

Kegiatan diakhiri dengan pendampinga pendaftaran giat #SiapUntukSelamat di https://siaga.bnpb.go.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s