Sebanyak 8.919 Satuan Pendidikan di 195 Kabupaten/Kota sudah MAU Menuju Sekolah Ramah Anak

Ananda dan Ayah Bunda tercinta

Saat ini, mencari sekolah yang tepat bagi Ananda jauh lebih mudah. Apalagi sebanyak 8.919 satuan pendidikan di 195 Kabupaten/Kota dari 31 provinsi di seluruh Indonesia sudah menyatakan MAU menuju Sekolah Ramah Anak. Semuanya siap menjadi mitra keluarga untuk mendidik anak-anak tumbuh kembang mandiri dan terlindungi.

Ternyata perlu gotong royong untuk mendorong warga sekolah/madrasah agar MAU menunjukkan komitmen tertulis di halaman depan. Apresiasi setinggi-tingginya bagi seluruh fasilitator nasional SRA yang dikukuhkan oleh Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Semangat kekeluargaan dan kegigihan Fasnas SRA memfasilitasi di wilayah kerja masing-masing meningkatkan jumlah SRA secara eksponensial sejak Pemerintah menerbitkan Peraturan Menegpppa No. 8 Tahun 2014 tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak .

 

Merayakan Belajar di Luar Kelas

Ratusan ribu  anak Indonesia mulai bergabung dalam #OutdoorClassroomDay ypada 7 September 2017 atas prakarsa Deputi Tumbuh Kembang Anak Kempppa, Lenny Rosalin. Sahabat-sahabat KerLiP yang menerima amanah dari Kempppa menggerakkan kampanye tersebut di Indonesia  dalam kerangka Percepatan  Sekolah Ramah Anak. Lebih dari 3 ribu satuan pendidikan yang merayakan belajar di luar kelas bersama jutaan anak dunia dan mendeklarasikan Sekolah Ramah Anak pada kegiatan akhir kampanye tersebut. Aksi-aksi baik dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak menjadi rangkaian perayaan tersebut. Permainan tradisional bahkan membuat semua gembira menuju Sekolah Ramah Anak. Tidaklah mengherankan jika sampai saat ini lebih dari 500 satuan pendidikan yang MAU menuju SRA di Kabupaten Deli Serdang dan ribuan satuan pendidika di 30 provinsi lainnya tetap konsisten mengabadikan praktik-praktik baik mereka dengan berbagi termasuk melalui whatsappgroup.

Dukungan penuh para pemangku kebijakan terutama dalam bentuk komentar-komentar yang mengapresiasi setiap aksi-aksi baik yang dibagikan Kepala Sekolah/Madrasah menjadi sumber daya pendukung perluasan gerakan Sekolah Ramah Anak tersebut.  Ketua Sekber SRA, Elvi Hendrani menyatakan bahwa sebanyak 191 sekolah/madrasah yang memiliki SK SRA 2017 dan mengirimkan hasil pengisian kuisioner dampak SRA  siap untuk mengikuti seleksi penganugerahan SRA pada HAN 2018.

Salam SRA!

Anak senang

Guru tenang

Orangtua bahagia

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s