Fasilitator SRA Nasional Siap Bertemu di Bandung

Percepatan gerakan Sekolah Ramah Anak (SRA) menunjukkan kemajuan yang menggembirakan. Dukungan tertulis dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, sampai ke satuan pendidikan diterima oleh Elvi Hendrani, Asdep Pemenuhan Hak Anak Atas Pendidikan, Kreativitas, dan Budaya Kempppa untuk melengkapi persayaratan lulus dalam Diklat PIM II. Tentunya hal ini tidak terlepas dari upaya para fasilitator SRA Nasional di daerah

Provokator  MeSRA di Indonesia Timur

Tety Sulastri, DPP FGII mempertemukan Bagus Dibyo Sumantri dengan YantiKerLiP, Zamzam, dan para pegiat SRA di Jakarta beberapa saat setelah Elvi Hendrani memimpin gerakan SRA ini sebagai Asdep Pemenuhan Hak Anak Atas Pendidikan, Kreativitas, dan Budaya Kempppa. Indonesia Timur menjadi prioritas pembangunan nasional pada Pemerintahan Jokowi-JK, termasuk  SRA sebagai salah satu indikator Kabupaten/Kota Layak Anak. Posisi Bagus sebagai ketua IGI Maros dan semangatnya mempercepat gerakan SRA di Indonesia Timur berjalin kelindan dengan prioritas pembangunan KLA di Indonesia Timur. Kepiawaian Koordinator KerLiP Indonesia Timur ini menghubungkan antarpihak serta penguatan penerapan SRA yang dilaksanakannya sebagai Kepala SMK Widya Nusantara menjadikan Bagus sebagai provokator gerakan SRA di Indonesia Timur.

Gerakan SRA di Maros terus meluas dan mendapat pengakuan pemerintah kabupaten Maros. Forum SRA Maros yang dibentuk Bagus bersama para kepala sekolah dan madrasah di Maros terus melaksanakan kampanye dan advokasi SRA. Bagus menjadi salah satu fasilitator SRA Nasional yang mendapat kepercayaan untuk memfasilitasi sosialisasi dan pelatihan SRA Indonesia Timur, antara lain di NTB,  NTT, Jayawijaya, Wamena, Sorong, Pangkep, Makassar, Bulukumba. Ia juga menggiatkan gerakan keluarga peduli pendidikan untuk mendukung percepatan gerakan SRA di Pangkalan Bun dan Sulawesi Selatan. SMK Widya Nusantara yang dipimpin Bagus pun menjadi sekolah ramah anak terbaik nasional pada peringatan Hari Anak Nasional di Pekanbaru 2017. Prestasi anak-anak didiknya dalam Ujian Nasional melesat, menempati ranking ke-2 di Sulawesi Selatan. Penerapan disiplin positif di sekolah yang bergaya pendidikan militer ini menempatkan Bagus pada posisi yang khas di antara para fasilitator SRA Nasional. Bagus terus memperluas gerakan SRA di Sulawesi Selatan  dan mengawal penerapannya di wilayah lain di Indonesia Timur melalui whatsappgroup.

bagus

Doktor Sowiyah Menggiatkan SRA di Lampung

Doktor yang satu ini memang luar biasa. Tiada hari tanpa SRA. Mulai dari sekolah dalam naungan yayasan yang dipimpinnya,  Metro,  Bandar Lampung, Pringsewu dan Provinsi Lampung bersama Parto Azhari,  fasilitator SRA lainnya di Lampung. Tak mengherankan jika Deputi Tumbuh Kembang Anak meluncurkan kampanye belajar di luar kelas pada  7 September 2017 di SD Muhamadiyah Metri Lampung.

Dr. Sowiyah hadir mewakili pokja inklusi provinsi Lampung dalam kegiatan di Surakarta atas inisiatif Sri Renani saat menjabat sebagai Direktur PKLK Dikdasmen Kemdikbud RI. Ia bertemu dengan Elvi Hendrani,  YantiKerLiP, dan Tety Sulastri yang diundang hadir menyampaikan praktik-praktik baik Sekolah Ramah Anak, Aman,dan Inklusi (SeRAI) di Surakarta.  Semangatnya untuk mendukung percepatan gerakan SRA khususnya di Lampung patut diacungi jempol.

Kedua fasilitator SRA Nasional ini terlihat sangat menonjol. Mereka akan bertemu kembali bersama para fasilitator SRA yang aktif lainnya di Bandung pada 10-11 Desember 2017. Pada peretemuan tersebut, para fasilitator siap meneguhkan komitmen masing-masing untuk mendukung percepatan gerakan SRA di Indonesia melalui pelembagaan Sekber SRA di Kempppa dengan dukungan Kemdikbud, Kemenag, dan Kemdagri.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s