Pelopor Kolase Bangsa Bandung Menggiatkan Literasi Sejarah dengan Redesain Jalan Dewi Sartika dan Juanda

Pertama kalinya keluarga peduli pendidikan mempeleringati Hari Pahlawan di Hari Ayah yang bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional pada 12 November dengan Jalan GeMBIRA. Lebih dari 200 ayah dan anak sudah tercatat siap merayakan kegembiraan di Dago Car Free Day besok pagi.

IMG-20171110-WA0052.jpg

Backdrop sudah siap dipasang bergantian dengan milik IKA SMANSA Bandung. Ya. Rencana peresmian signage Jalan Dewi Sartika dan Juanda yang dikemas dalam festival keluarga peduli pendidikan ini mendapatkan momentum yang tepat guna meningkatkan kelekatan hubungan ayah dan anak. Hastag #ayahkupahlawanku dipilih untuk memeriahkan 3 hari bersejarah tersebut. Hasil belajar di luar kelas bersama SMAN 18 dan SMK Nasional dalam dampingan para pengurus SeKAM dalam bentuk desain signage yang disajikan menarik oleh kawula muda kota Bandung siap diluncurkan.

Redesain Jalan Juanda dan Dewi Sartika

Pelatihan dan pendampingan agen MeSRA dari SMK Nasional mulai kajian kepahlawanan dilaksanakan 29.Juli 2017 dilanjutkan dengan diskusi terpumpun bersama BPNB, belajar di luar kelas dengan naik bandros menyusuri jalan-jalan dengan nama pahlawan di sekitar sekolah, sampai pendampingan pembuatan augmented reality dan poster Juanda, berhasil menyepakati desain signage yang cukup menarik.

IMG-20171110-WA0182.jpg

Rancangan alpha AR untuk Juanda akhirnya dibuat oleh Ricky Cahyadi dan Chandra,  kawula muda yang bergerak di ekonomi kreatif membuat aplikasi berbasis android.

Khusus bagi 13 perwakilan MPK SMAN 18 proses pembelajaran mulai dengan pelatihan dan pendampingan agen MeSRA dengan alur berikut:

Screenshot_2017-10-24-15-00-24-1

Dina, ketua SeKAM mendampingi anak-anak menyusuri jalan Muhamad Toha dan Dewi Sartika sampai Masjid Agung Bandung. Mereka menggantikan anak-anak SMAN 5 setelah Pak Sugiarto menjdi Kepala Sekolah  di SMAN 18. Kemitraan khas KerLiP dengan  Pak Toto di SMAN 15 sebagai pelopor Sekolah Ramah Anak di Jawa Barat menjadi pertimbangam utama pengalihan proses pendampingan tersebut. Hasilnya sangat memuaskan. Setiap anak berpartisipasi membuat desaim poster untuk mengisi signage yang akan diluncurkan pada esok hari.

Peresmian signage kedua jalan dengan nama pahlawan tersebut terpaksa ditunda karena belum mendapatkan kesempatan bertemu dan mendapatkan ijin Walikota Bandung.

Persiapan Teknis Jalan Gembira

“Ini kolaborasi multi stakeholders pertama yang kami laksanakan. Sebagai Kepala Sekolah, saya merasa gembira menyambut gagasan dan praktik-praktik baik yang akan dilaksanakan oleh peserta didik SMA Nasional bersama SMK Nasional, STKS, KerLiP, dengan dukungan dan kerjasama dari Direktorat Sejarah,  PSMA,  PKLK dan Bindikel Kemdikbud, “ujar Yudi, Kepala SMA Nasional merespon sambutan Yanti KerLiP.  Hari ini lebih dari 20 peserta didik SMK Nasional, SMA Nasional, SeKAM, KerLiP, STKS, bertemu di kampus SMA Nasional menyiapkan kegiatan Festival Keluarga Peduli Pendidikan esok pagi di SMAN 1 Kota Bandung pukul 06.00-11.00 WIB.

Dina SeKAM dan Yayuk dari KerLiP, Hilmi STKS, dan Ari SMK Nasional sebagai Time Keeper memimpin pembahasan agenda  permenit kegiatan yang dirangkai dengan kegiatan ikatan Alumni SMAN 1 Bandung. Kepala sekolah, guru,  tata usaha SMK Nasional dan SMA Nasional, YantiKerLiP, Yayasan Nasional, bersama mahasiswa STKS dan teman-teman Ari mengikuti rapat dengan antusias.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s