Penguatan Pendidikan Karakter di Komite Sekolah Mulai dengan Belajar Di Luar Kelas

“Saya merasa panik melihat Bapak dan Ibu sudah antri memasuki ruangan saat kami menuju tempat sarapan,”ujar Ekasari pada awal presentasinya. Film  Semai2045   selalu menggugah semangat perubahan dengan sajian data dan fakta yang menarik serta konsep Pola Asuh yang baik untuk menghilangkan  BLAST menjadi BEST. Begitu juga saat Ekasari menyajikannya pada sesi kedua Diseminasi dan pelatihan Sekolah Ramah Anak di Iscalton Cicurug Sukabumi, 2-3 November 2017. Ice Breaking dengan Baby Shark yang sedang nge-hit membuat peserta dan panitia kembali fresh.

20171103_102206_1509762026687

Biodata yang lengkap dengan paparan yang menarik tentang praktik-praktik baik pengasuhan positif yang melahirkan dua anak perempuan pegiat hak anak menjadi daya tarik tersendiri. Syahna, putri sulungnya, masih tercatat sebagai ketua Forum Anak Daerah Jawa Barat, baru pulang dari kegiatan pertukaran pelajar di Hungaria. Adiknya, Nabila yang terpilih menjadi Wakil Ketua Forum Anak Nasional dari Jawa_Bali-NTB dan penerima anugerah TMPI, Tunas Muda Pemimpin Indonesia dengan aksi CDEF nya relevan dengan materi Penguatan Pendidikan Karakter di keluarga yang disajikan Ekasari.

 

Memulai PPK dengan Belajar Di Luar Kelas

IMG-20170827-WA0036

Kampanye Belajar di Luar Kelas yang diinisiasi oleh Project Dirt dan dibawa Deputi Tumbuh Kembang Anak Kempppa ke Indonesia disebarluaskan sahabat-sahabat Keluarga Peduli Pendidikan melalui berbagai media sosial. lebih dari 1.600 satuan pendidikan di Indonesia melakukan kegiatan sederhana untuk penguatan pendidikan karakter dengan cara yang menyenangkan melalui belajar di luar kelas. sebagian besar di antaranya menjadikan kampanye tersebut momentum yang tepat untuk mendeklarasikan SRA. Sebanyak 450 satuan pendidikan di Deli Serdang mendapatkan SK SRA dari Kepala Dinas Pendidikannya dan sertifikat T3MU MeSRA dari Kempppa pasca kampanye.

Kehadiran Tim fasilitator MRA dalam Diseminasi dan Pelatihan SRA membuka kesempatan untuk menampilkan praktik baik Outdoor Classroom Day di MAN 1 Kabupaten Sukabumi  langsung oleh pemrakarsanya, Andriyani, Wakamad Kurikulum. “Lima nilai utama dalam penguatan pendidikan karakter yang diatur dalam Perpres No.87 tahun 2017, yakni relijius, nasionalisme, mandiri, integritas, dan gotong royong, dipelajari anak dengan pembelajaran yang menyenangkan. bahkan bukan hanya anak yang gembira di sekolah/madrasah, orang tua dan guru pun bernostalgia dengan permainan tradisional di masa kecil, “ujar YantiKerLiP dalam penutupan sesi kedua.

20171102_134620_1509762087972 (1).jpg

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s