Simphoni a la Paguyuban Orang tua Kelas X SMAN 2 Bandung

“Kami akan membuka SMA Terbuka sebentar lagi. Apakah Bapak/Ibu berkenan masuk sekarang atau masih ada yang ditunggu?” ujar Dedy,  Kepala Sekolah SMAN 2 Bandung. Kedua perempuan berkerudung dan dua laki-laki yang duduk di lobby terbuka di depan ruang kepala sekolah saling berpandangan. “Silakan, Pak. Sebaiknya Bapak membuka kegiatan yang sudah diagendakan. Kami masih menunggu seorang lagi, “ujar Andry, ayah dari peserta didik kelas X MIPA7, salah satu di anatara mereka. Tak lama kemudian datang perempuan berkerudung merah menghampiri keempat orang tersebut. Rupanya mereka belum terlalu mengenal satu sama lain. Obrolan Pendidikan Ramah Anak (OPeRA) pun mengalir di lobby terbuka sekolah rujukan tempat putra-putri mereka belajar dan bermain bersama.

 

Waktu sudah lewat pukul 9 ketika Kepala SMAN 2 Bandung menerima kelima orang tua kelas X bertemu di meja ovalnya. “Kami hadir atas nama Paguyuban Orang Tua kelas X SMAN 2 Bandung. Ada beberapa hal penting terkait pendidikan puta-putri kami yang perlu disampaikan dalam upaya menjalin simphoni demi kepentingan terbaik anak, “kata YantiKerLiP, ibunda dari peserta didik kelas XMIPA 4 setelah masing-masing memperkenalkan diri dan mengucapkan terima kasih atas perkenan Kepala Sekolah menerima permohonan mereka untuk dapat bertemu Rabu, 24 Oktober 2017. Ia menyampaikan seluruh isi  surat sman 2 yang disusun oleh Sudono, salah satu orang tua kelas X dari pointers hasil pertemuan sebelumnya dan diedit bersama-sama. Proses penyusunan rekomendasi tersebut memanfaatkan whatsapp group yang dibuka oleh salah seorang di antara mereka.

Optimis Lebih Baik

Penjelasan lebih rinci disampaikan oleh Andry, Rini, Jufri, dan Anne untuk setiap poin yang perlu mendapatkan perhatian khusus. “Saya akan memenuhi arahan dari pengawas sekolah terkait prioritas supervisi kepada guru-guru yang mendapat perhatian luar biasa dari Bapak/Ibu. Perlu disampaikan bahwa saya baru saja satu tahun menjadi Kepala SMAN 2. Perbaikan kursi dan fasilitas belajar di dalam kelas menjadi fokus perbaikan kualitas layanan prima di SMAN 2 yang merupakan salah satu sekolah rujukan. Kebetulan saya juga alumni skeolah ini, “kata Dedy, Kepala SMAN 2 merespon setiap poin yang disampaikan Paguyuban Orang Tua kelas X tersebut. Ia juga menyampaikan bahwa dalam kepemimpinannya, belum dilaksanakan pemilihan pengurus Komite Sekolah. “Saya sudah merencanakan akan melaksanakan pemilihan Komite Sekolah yang baru selambat-lambatnya November 2017. Ada Pak Syamsul Bahri, Bu Yanti, dan Bapak/Ibu lainnya yang menunjukkan kepedulian terhadap peningkatan kualitas pendidikan di sekolah ini, “ujar Dedy lagi. YantiKerLiP dan Andry berkali-kali menyampaikan harapan orang tua/wali untuk bersama-sama mendidik putra-putri terbaik di sekolah ini dengan memperkuat tri sentra pendidikan.

Gagasan dan harapan yang mengemuka dalam pertemuan yang berlangsung 2 jam tersebut menumbuhkan harapan baru dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di SMAN 2 Bandung. Kedua belah pihak berusaha untuk saling menghormati dan pengertian keterbatasan dan wewenang masing-masing. “Alhamdulillah, saya benar-benar bahagia menerima respon yang baik dari Kepala Sekolah. Tadinya kami bermaksud memindahkan putri kami ke swasta pilihannya. Insya Allah jika hal ini benar-benar dilaksanakan akan terlihat perbaikan nyata dalam pelayanan pendidikan anak-anak kita, “ujar Rini salah seorang peserta didik di kelas X MIPA 4. tentu saja hal ini diamini oleh yang lainnya. Bahkan YantiKerLiP mengaku merasa optimis upaya untuk T3MU MeSRA Bertuah di SMAN 2 Bandung akan terlaksana dalam waktu dekat.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s