SMPN 4 Sunggal Meraih Anugerah Sekolah Ramah Anak 2017 dari KerLiP (bag-2)

“Lebih dari 330 ribu peserta didik dari 1.619 satuan pendidikan di Indonesia mengikuti kampanye global #OutdoorClassroomDay (OCD) pada 7 September 2017. Prakarsa Project Dirt yang dibawa Deputi Tumbuh Kembang ini menjadi wahana yang tepat untuk mendorong percepatan gerakan Sekolah Ramah Anak. Pembelajaran yang menyenangkan yang dikemas dalam kegiatan belajar di luar kelas sejalan dengan Inpres No 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Bu Elvi akan menyerahkan Sertifikat Menuju Sekolah Ramah Anak kepada 423 satuan pendidikan yang melaksanakan deklarasi SRA  pada penutupan OCD lalu dan mau mengajukan sekolahnya menjadi salah satu SRA yang ditetapkan melalui SK Kadisdik, “kata YantiKerLiP dalam penjelasan tertulisnya. Ia juga menyampaikan bahwa Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan sebagai Lembaga Masyarakat pelaksana kampanye OCD tersebut berhasil mengajak >1.589 sekolah di luar 30 sekolah/madrasah/SLB yang mendapatkan dana bantuan Kempppa untuk melaksanakan 3 jam OCD pada 7 September 2017. Seluruhnya berkampanye secara mandiri. Keluarga-keluarga peduli pendidika  mengawal dengan membuatkan infografis, mengingatkan,mendokumentasikan,dan memberikan apresiasi. Tayangan OCD dari Sekolah yang terbanyak dilihat pemirsa Youtube untuk setiap jenjang dan mendeklarasikan SRA serta meneebitkan SK Tim Pelaksana MeSRA Bertuah di Kabupaten Deli Serdang mendapatkan Anugerah SRA 2017 dari Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan,  Ensiklopedia Lintas Sejarah Indonesia (ELSI) untuk mendukung penguatan pendidikan karakter bangsa, serta hadiah menarik lainnya.

SMPN 4 Sunggal mewakili 450 sekolah penyelenggara OCD 7 September 2017 menerima Sertifikat MeSRA dari Elvi Hendrani, Asdep Pemenuhan Hak Atas Pendidikan, Kreativitas, dan Budaya Kempppa. Lebih dari 1.300 kali tayangan OCD SMPN 4 Sunggal Kabupaten Deli Serdang ditonton pemirsa youtube, capaian tertinggi dari seluruh SMP bahkan 423 satuan pendidikan yang ditetapkan sebagai SRA oleh Kadisdik Kab Deli Serdang. Tidaklah mengherankan jika Ketua Umum Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan menyerahkan langsung plakat KerLiP serta hadiah Pustaka PPK Bangsa kepada Kepala Sekolahnya dalam pembukaan Sosialisasi Peran Serra Masyarakat dalam Pendidikan, Sabtu, 14 Oktober 2015 di Aula PGRI Deli Serdang.

Menurut Yanti KerLiP, kampanye OCD di setiap satuan pendidikan yang dikaitkan dengan Percepatan Gerakan SRA di Indonesia dan penyebarluasannya melalui youtube diharapkan dapat menginspirasi perubahan yang nyata yang membuat anak-anak makin gembira belajar dan bermain dengan teman sebaya di Sekolah/Madrasah Ramah Anak.

Selain SMPN 4 Sunggal, SD PTPN Tanjung Morawa dan salah satu PAUD di Deli Serdang juga mendapatkan anugerah yang sama atas prestasi yang membanggakan. Semua satuan pendidikan yang sudah ditetapkan menjadi SRA ini layak mendapatkan Sertifikat MeSRA apalagi jika melihat upaya mereka tidak berhenti hanya pada saat kampanye. Tim Pelaksana MeSRA Bertuah yang ditetaokan kepala sekolah masing-masing terus berbagi praktik baik pembelajaran yang menyenangkan melalui WAG SRA MeSRA Bertuah yang dikelola oleh Miska Gewa Sari, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang, sang provokator  dibalik keberhasilan kabupaten Deli Serdang meningkatkan jumlah Sekolah Adiwiyata yang menunjukkan kemauan menggiatkan MeSRA Bertuah.

Advertisements

One thought on “SMPN 4 Sunggal Meraih Anugerah Sekolah Ramah Anak 2017 dari KerLiP (bag-2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s