Simphoni Bangsa untuk Percepatan Gerakan Sekolah Ramah Anak

Pengawalan terhadap Surat permohonan dukungan terhadap Percepatan Gerakan Sekolah Ramah Anak (SRA) yang disampaikan oleh Kempppa menunjukkan hasil yang menggembirakan. Sekretaris Jendral Kemdikbud sudan mengirimkan disposisi kepada Kepala Biro PKLN pada 8 September 2017. Disposisi untuk DIrjen Paudikmas dan Dirjen Kebudayaan diantar langsung oleh YantiKerLiP untuk memastikan surat dukungan tersebut segera terbit. “Sambutan dari Kemdikbud sangat bagus. Kempppa siap mengundang semua direktorat di Kemdikbud dan Kemenag untuk berkoordinasi membentuk Sekretariat Bersama SRA dan membahas kesepakatan bersama dalam percepatan gerakan SRA,”ujar YantiKerLiP di sela-sela kesibukannya mengawal surat dukungan tersebut.

Sambutan yang Menggembirakan

20170929_200244_1506761400289

Pertemuan pembahasan Kesepakatan Bersama 4 Menteri tentang Percepatan Gerakan SRA dan konsepsi Sekretariat Bersama (Sekber) SRA dilaksanakan di Bandung pada 28-29 September 2017. Penjangkauan yang dilaksanakan YantiKerLiP ke seluruh direktorat di DItjen Dikdasmen, GTK, dan Paudikmas Kemdikbud serta Direktorat KSKK dan GTK Madrasah serta Rocan Kemenag mendapatkan sambutan yang menggembirakan.  Direktur Pembinaan Guru Dikmen, Sri Renani Pantjastuti hadir bersama Kasubdit Program, Tina, sahabat lama KerLiP. Kepala Biro Perencanaan Kemenag bersama Kasubdit Kerjasama, Bu Ida, juga sahabat lama KerLiP hadir bersama staf. Seluruh direktorat di Ditjen Dikdasmen dan Paudikmas mengirimkan perwakilan kecuali Direktorat Pembinaan Paud dan Kursus. Kepla Biro Hukum Kemdikbud diwakili oleh Heru.

Kepala Biro Hukum Kemppa, Hasan menyampaikan bahwa Kesepakatan Bersama ini perlu dilengkapi Perjanjian Kerja Sama. Karo Hukum dan Asdep pemenuhan Hak Anak atas Pendidikan Kreativitas, dan Budaya memfasilitasi pembahasan draft kesepakatan bersama mulai dari latar belakang sosilogis, historis, yuridis, dan filosofis sampai tuntas. Hasil diskusi yang dilaksanakan sampai menjelang magrib ini menjadi bahan rujukan dalam pembahasan sesi berikutnya mengenai Sekber SRA.

Pembahasan Sekber SRA yang dilaksanakan pada pukul 19.30-21.30 wib menyepakati beberapa hal penting mengenai outline dan penyelarasan dengan kesepakatan bersama. Seluruh peserta rapat yang difasilitasi oleh YantiKerLiP dan Direktur Pembinaan Guru Dikmen menyepakati outline yang diisi dengan bahan-bahan dari kesepakatan bersama. Draft konsepsi Sekber SRA yang sudah diperbaiki kemudian dibahas pada 30 September pukul 08.00-11.00 WIB dengan Kabid SRA sebagai fasilitator. Dalam pertemuan tersebut, peserta juga memberi masukan perbaikan terhadap website sekbersra.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s