Presiden Menginstruksikan Mendikbud dan Menag untuk mendorong Sekolah/Madrasah Ramah Anak

Upaya Kementerian PPPA untuk melakukan percepatan gerakan Sekolah Ramah Anak dikukuhkan dalam Inpres No.1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Presiden menginstruksikan  kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  untuk a)meningkatkan kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), mendorong sekolah sebagai (KTR), dan mendorong Sekolah Ramah Anak; b)meningkatkan kegiatan aktivitas fisik/olahraga di sekolah dan satuan pendidikan secara eksternal dan ekstrakurikuler serta penyediaan sarana sanitasi sekolah; dan c)meningkatkan pendidikan keluarga untuk hidup sehat.

Presiden juga menginstruksikan kepada Menteri Agama untuk a)melaksanakan bimbingan kesehatan pranikah untuk mendorong perilaku hidup sehat dan peningkatan status gizi calon pengantin serta mendorong pelaksanaan kegiatan rumah ibadah bersih dan sehat; b)memperkuat fungsi Pos Kesehatan Pesantren
dan Upaya Kesehatan Madrasah dan mendorong madrasah sebagai KTR dan Madrasah Ramah Anak; dan c)meningkatkan kegiatan aktivitas fisik/olahraga di madrasah dan penyediaan sarana sanitasi madrasah.

MeSRA Bertuah

Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Bersama Orang tua dan Sekolah/Madrasah  atau #MeSRABertuah diluncurkan oleh 90 Kepala Sekolah yang dipimpin oleh Ibu Roslin bersama Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Deli Serdang, Ketua DPD KerLiP Sumatera Utara, Ibu Miska, dan Ibu Sri di Bandung pada hari pertama kunjungan studi banding Sekolah Ramah Anak.  Lebih dari 250 sekolah di Kabupaten Deli Serdang bersama 1.376 sekolah/madrasah/PAUD/ SLB se- Indonesia mendeklarasikan MeSRA Bertuah pada penutupan kampanye gobal #OutdoorClassroomDay 7 September 2017.

Percepatan gerakan SRA di Deli Serdang terus menguat.  Kepala sekolah yang mendeklarasikan Sekolah Ramah Anak mulai mengajukan penetapan sebagai Sekolah Ramah Anak kepada Kadisdik Kab Deli Serdang. “Berbeda dengan inisiatif lainnya, gerakan Sekolah Ramah Anak “hanya” menghimpun semua praktik baik dalam pemenuhan hak atas pendidikan dan perlindungan anak di satuan pendidikan dilengkapi dengan 6 komponen utama SRA: a)Komitmen tertulis kebijakan SRA termasuk antikekekerasan dan perlakuan salah lainnya terhadap anak; b)pembelajaran ramah anak termasuk penegakan displin positif ;c)guru terlatih hak anak; d)sarana prasarana aman dan tidak mencelakakan; e)partisipasi anak; dan f)partisipasi orangtua/wali, alumni, lembaga masyarakat, dunia usaha. Mekanisme bottom up dalam penetapan MeSRA Bertuah di Kabupaten Deli Serdang diterapkan untuk menjaga keberlanjutan gerakan Sekolah Ramah Anak. Deklarasi SRA diperkuat dengan pembentukan Tim Pelaksana SRA yang menghimpun tim atau pokja yang sudah ada, “ujar Yanti dalam penjelasan tertulisnya. Yanti juga mengaku makin sering menyebut MeSRA Bertuah dalam pesan berantai yang disampaikannya melalui berbagai media sosial.

Gembira di Sekolah/Madrasah dengan Permainan Tradisional

“Hampir semua sekolah/madrasah yang melaksanakan kampanye #BelajardiLuarKelas pada 7 September 2017 menggelar permainan tradisional. Egrang adalah salah satu permainan tradisional yang diminati semua kalangan. Anak-anak dan guru terlihat gembira melestarikan permainan tradisional tersebut, “kata Nurul Fitry Azizah, manajer kampanye Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan (KerLiP). KerLiP mendapatkan rekomendasi dari Deputi Tumbuh Kembang Anak untuk bermitra dengan ProjectDirt dari Inggris untuk melaksanakan #OutdoorClassroomDay di Indonesia. “Kami mengajak semua sekolah/madrasah/PAUD/SLB yang melaksanakan kampanye OCD pada 7 September untuk melaksanakannya lagi pada 12 Oktober 2017 dan mengajak mitra-mitra sekolah/madrasah lainnya. Aktivitas belajar di Luar Kelas difokuskan pada penguatan pendidikan karakter mulai dengan sarapan sehat, berdoa sebelum dan sesudah makan, adaptasi perubahan iklim secara sederhana, simulasi evakuasi bencana, melestarikan permainan tradisional, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya 3 stanza dan literasi sejarahnya serta kegiatan tematik lainnya yang mendukung pembelajaran. Semuanya menandai percepatan gerakan SRA , “ujar Fitry.

egrang

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s