Percepatan Gerakan SRA melalui Pelembagaan Sekber SRA

Pengumpulan paktik baik pemenuhan hak dan perlindungan anak di satuan pendidikan menjadi pertimbangan utama dalam menyusun kebijakan Sekolah Ramah Anak (SRA), antara lain Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), Kantin Sehat,  dan beragam usaha kesehatan sekolah yang diatur dalam peraturan Mendikbud, Menag, Mendagri dan Menkes,  lalu Sekolah Adiwiyata, sekolah hijau, dan beragam upaya yang dilaksanakan oleh KLHK terkait penanaman budaya dan peduli lingkungan hidup, sekolah siaga bencana,  sekolah/madrasah aman bencana yang dihimpun dalam Satuan Pendidikan Aman Bencana,  Kantin jujur, tunas integritas, dan pendidikan antikorupsi, sekolah antikekerasan, lingkungan inklusif dan ramah pembelajaran (LIRP), Madrasah Bersinar (Bersih,Sehat, Inklusi, Aman,dan Ramah Anak), dst.

“Sekolah Ramah Anak bukan program baru. Satuan pendidikan yang menerapkan SRA berupaya mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran yang mendukung tumbuh kembang anak selama berada di sekolah/madrasah, “kata Elvi Hendrani, Asdep Pemenuhan Hak Anak Atas Pendidikan, Kreativitas, dan Budaya, Deputi Tumbuh Kembang Anak, KPPPA dalam pertemuan koordinasi percepatan gerakan SRA. “Ada 3 strategi dalam percepatan gerakan SRA yang perlu kita siapkan bersama-sama. Kami sudah mengirimkan permohonan surat dukungan Kemdikbud,  Kemenag,  dan Kemdagri. Dukungan yang dimaksud adalah program dan kegiatan rutin yang mendukung percepatan gerakan SRA, seperti sekolah rujukan, pelatihan guru, satuan pendidikan aman bencana, BOS, DAK,  penilaian kinerja guru, dst. Kami juga menyiapkan tapat koordinasi finalisasi draft MoU, SK Sekber SRA, Peta Jalan Percepatan Gerakan SRA menindaklanjuti pertemuan-pertemuan sebelumnya. Harapannya diikuti oleh perwakilan dari semua direktorat terkait di Kemdikbud, Kemenag, Kemdagri,dan Kempppa bersama Tim Fasilitator SRA Nasional yang berasal dari Perkumpulan KerLiP, FGII, IGI, dst, ” Elvi menjelaskan dalam perjalanan menuju NTB.

Penandatanganan MoU dengan Gubernur dan Bupati/Walikota merupakan strategi pertama dalam Percepatan gerakan SRA yang dilaksanakannya mulai hari ini di NTB, Sulawesi Selatan terutama di Maros, Pangkep, Takalar. Menyusul kemudian Lampung terutama Metro, Pringsewu,  dan Lampung Selatan. Secara paralel, KerLiP sebagai tim fasilitator SRA Nasional menyiapkan di Maluku Utara khususnya Halmahera Barat dan Ternate,  Jawa Barat,  Sumatera Utara,  Banten, dan Riau melanjutkan kampanye #BelajardiLuarKelas. Sedangkan FGII di  DKI Jakarta, Maluku,  dan Jawa Timur.

Menelusuri Lorong Advokasi

20170823_113137.jpg

“Pengalaman belajar KerLiP dalam Pelembagaan Seknas Sekolah Aman yang kini menjadi Seknas SPAB serta pembentukan tim Fasilitator SRA dan  tim penilai adiwiyata mandiri bersama K/L/D/I menuntun kami dalam pelembagaan Sekber SRA sebagai salah satu strategi percepatan gerakan SRA yang dikedepankan bu Elvi, “ujar Yanti Sriyulianti,  Ketua Umum KerLiP,  yang juga fasilitator SRA Nasional.  Yanti juga menjelaskan bahwa dalam upaya pelembagaan Sekber SRA ini,  ia kembali menelusuri lorong-lorong di Gedung C,  E, dan D Kembikbud.  Secara paralel sahabat KerLiP juga memanfaatkan wag untuk memperluas jangkauan kampanye belajar di luar kelas.

Kolaborasi di Sekber SRA

Kabar gembira dari Deli Serdang tentang penguatan Gerakan Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Bersama Orangtua dan Sekolah/Madrasah (MeSRA Bertuah) melalui liputan sahabat keluarga dan pelembagaan Tim Pelaksana SRA di satuan pendidikan yang memperkuat tim yang sudah ada; TP UKS, Adiwiyata, Bindikel, dst.

Kemitraan khas KerLiP dengan Direktorat Bindikel memperkuat basis gerakan dengan terlaksananya sosialisasi pendidikan pencegahan TPPO di Kabupaten Bandung, pelatihan PPK untuk komite sekolah di Jabar, Sulselsulbar,  dan Riau. Pelembagaan Seknas SPAB pun makin meluas seiring dengan amanah baru yang dipegang Bu Rena sebagai Dorektur Pembinaan Guru Dikmen. Ide Kolaborasi juga(Konferensi Anak, Remaja, Kawula Muda bantu Orangtua Rayakan Literasi) mendapat sambutan yang menggembirakan. Belajar di luar kelss dan Kolaborasi masuk menjadi kegiatan utama di Sekber SRA. Direktorat Guru Dikmen dan Direktur PSMA menyambut ide yang diinisiasi berzama Subdit Arema Ditbindikel tersebut.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s