38 SMPN di Kabupaten Deli Serdang Siap Melaksanakan Kampanye Belajar di Luar Kelas pada 7 September 2017

Study tiru adalah istilah yang disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik)Kabupaten Deli Serdang pada pembukaan study banding bersama kepala sekolah ke Bandung. Sebanyak 89 Kepala PAUD, SD, dan SMP bersama ketua rombongan, Ibu Miska Kabid Paudikmas Disdik Kab Deli Serdang dalam dampingan Pak Junaidi Malik Ketua DPD KerLiP Sumatera Utara mengikuti kegiatan yang dilaksanakan pada 23-26 Agustus 2017. Ketua Umum DPP KerLiP , Yanti Sriyulianti yang akrab dipanggil Ibu YantiKerLiP ini menerima delegasi tersebut setelah berkoordinasi dengan Kadisdik Kota Bandung, Dr. Elih Sudiapermana. Pak Iriansyah, fasilitator SRA Nasional dari SMAN 15 Bandung membantu memfasilitasi kegiatan bersama Ibu Eem dan Ibu Christine dari DP3APM serta Ibu Pupung Kepala Program dan Evaluasi Disdik Kota Bandung.

20170824_200925.jpg

MeSRA Bertuah

Kunjungan ke SDS BPI, SMPN 2, dan SMAN 15 yang melelahkan tidak menyurutkan tekad Ibu Miska untuk mendorong semua anggota delegasi mengikuti Workshop SRA yang difasilitasi Ibu Yanti KerLiP yang juga fasilitator SRA Nasional. Ia menyajikan materi 456 Mewujudkan SRA Mulai dengan Belajar di Luar Kelas dengan cara khas KerLiP.  Pak Junaidi, yang juga ketua Komnas Perlindungan Anak Deli Serdang diajak memimpin Tepuk Hak Anak (4) dengan penuh semangat. Prinsip-prinsip SRA (5) disajikan dengan metode PACT (Proyek Asyik Cari Tahu) sederhana dengan menghampiri peserta yang berusaha menahan kantuk. Terakhir, 6 Komponen Utama SRA pun disajikan agar menjadi komitmen bersama seluruh delegasi. “Kepala SMP ini sampai minta pulang sekarang saking semangatnya untuk MeSRA Bertuah,”Bu Kadis Deli Serdang berkata dengan gembira. “MeSRA Bertuah adalah akronim dari Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Bersama Orang tua dan Sekolah yang  kami deklarasikan pada tanggal 23 Agustus di Rumah Makan di Puncak Dago (The Peak?),”imbuhnya lagi..

Ibu Miska mengundang Ibu YantiKerLiP dan Pak Jun bergabung dalam wag MeSRA Bertuah. Pendaftaran kampanye #BelajardiLuarKelas dari setiap Kepala Sekolah ditindaklanjuti dengan pengiriman desain spanduk  lalu penawaran Arisan Keluarga Peduli Pendidikan setelah rakor pendidikan keluarga meramaikan wag keren ini. “Gerakan Membangun Indonesia Ramah Anak (GeMBIRA) benar-benar dimulai dari Deli Serdang!”ujar Ibu Yanti KerLiP dengan penuh semangat merespon daftar pemesan spanduk Deklarasi SRA yang disampaikan Pak Jun. Insya Allah 482 SDN dan 38 SMPN se-Kabupaten Deli Serdang tidak hanya menambah daftar Sekolah Ramah Anak secara signifikan, namun menjadi pelopor MeSRA Bertuah pasca kampanye #BelajardiLuarKelas 7 September 2017. Kabar GeMBIRA ini pun disebar Ibu YantiKerLiP ke berbagai pihak melalui wa. Alhamdulillah mendapatkan tanda 3 jempol dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Muhadjir Effendi.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s