Memulai Kolaborasi dengan Komisioner KPAI

Ide KOLABORASI yang dicetuskan Fitry terus menggelinding. Kehadiran Sitti Hikmawaty, komisioner KPAI dalam kegiatan Yang Muda Bicara Politik pada 12 Agustus 2017 membuka peluang yang menarik. Mbak Yanthi, panggilan komisioner KPAI ini sangat fasih menjelaskan isu kesehatan yang diampunya. Tesisnya tentang Sarapan Sehat menjadi pembuka kolaborasi dengan Nabila, aktivis Fokab penerima anugerah TMPI 2016. “Keluarga TMPI pasti tertarik untuk menyiapkan Kolaborasi. Beberapa program FAN juga bisa disinergikan, Bu, “ujar Nabila, wakil ketua FAN terpilih. Meskipun rencana tindak lanjut untuk kampanye Sarapan Sehat dengan OSIS SMANSA Kota Bandung masih tertunda, Mbak Yanthi tetap konsisten menyediakan waktu khusus untuk membahas hal ini. Buku karya Luki dipinjamkan untuk menyiapkan kampanye Sarapan Sehat. Kami menyambut antusias apalagi kegiatan Sarapan Sehat Bersama adalah salah satu dari 4 kegiatan utama yang akan dilaksanakan 30 winning school dalam outdoorclassroomday 7 September 2017.

Kesibukan Fitry, campaign manager KerLiP menyiapkan OCD7Sept memberi kesempatan bagi saya untuk menjajaki beberapa peluang yang disodorkan Mbak Yanthi. Informasi kebutuhan bantuan sanitasi di Halmahera Barat langsung ditindaklanjuti dengan menghubungkan Pemkab daerah tertinggal tersebut dengan Kemdesapdt. Obrolan seputar KPAI makin seru dengan hadirnya Dr. Susi Fitri, dosen UNJ dan ketua ABKIN DKI serta Rita, wakil ketua KPAI. Kami mendiskusikan upaya untuk mendukung pengintegrasian Islam Moderat di Madrasah. “Saya ada buku tentang multikultural di bawah, “kata Rita sebelum beranjak pergi untuk Sidang Pleno KPAI.

Pertemuan perdana di ruang kerja Mbak Yanthi makin menarik. Pengalamannya tinggal di Ambon pada saat konflik gayung bersambut dengan pengalaman Tety, ketua Umum DPP FGII yang meninggalkan Ambon karena konflik.  Sufit, panggilan akrab sahabat kami yang mengajar di jurusan BK UNJ menambahkan dengan pengalamannya menangani konflik Ambon di Tidore. Rencana penggalangan dukungan untuk Kolaborasi yang dijanjikan pada pertemuan sebelumnya mulai ditindaklanjuti. Kami sepakat untuk bertemu rutin terkait upaya pendidikan multikultural di Indonesia Timur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s