Menyiapkan Simphoni di Desa: Kolase Bangsa dan Patriot Pancasila

Begitu tiba di Rumah KerLiP,  Mas Agus langsung menebar pesonanya dengan ragam praktik baik yang luar biasa seiring dengan perkembangan BMT Inti yang sudah menumbuhkan 3.000 BMT di seluruh Indonesia. “Inti nya sekarang jadi Internasional. Mas Agus sampai diundang ke Turki untuk melatih para perintis BMT di negeri tersebut. Bersama mas Dawam beliau mengembangkan Desa Patriot Pancasila, “ujar Bapak Herry. “Alhamdulillah, kemarin baru piloting di Desa di Kabupaten Klaten. Anak-anak mengikuti pelatihan yang dibiayai Anggaran Dana Desa untuk Karang Taruna sebesar Rp15 juta. Semua biaya digunakan untuk operasional pelatihan 3 hari selain makan minum, “Mas Agus berkata sambil mengirimkan dokumentasi pelatihan 1 per 1. “Anak-anak muda usia 17-25 tahun ini kami latih agar bermental baja atau STEEL (english). Mulai dengan S (Spiritual), T(Teamwork), E(Empowerment), E(Entrepreneurship), dan L(Leadership), “imbuhnya lagi. Mbak Wulan dan saya menyimak dengan penuh perhatian. “Ayo,Teh, tunjukkan buku saku yang dibuat Teh Fitry untuk merintis Kolase Bangsa, “ujar Mbak Wulan dengan semangat. Wildan, putra sulung Mas Agus yang baru diwisuda di Undip dari fakultas hukum pun mengaku sangat antusias dengan terobosan-terobosan ayahandanya.

Semangat Mas Agus

Mas Agus membina lebih dari setengah desa-desa di Klaten. BUM Desa menjadi sasaran utama dalam pembinaannya. “Alhamdulillah, bisa sinergi ya Mas. Kami baru saja mencanangkan Pelopor Kolase Bangsa memperkuat Masjid sebagai Pusat Peradaban, “kata saya sambil menyodorkan buku saku #belajardiluarkelas. Kami bertukar informasi pendampingan masyarakat di desa. Saya menyampaikan informasi terkait Desa Layak Anak, Madrasah Bersinar, Ruang Kreativitas Anak, PAUDHI, Dasawisma Siaga Bencana, Kampung Literasi, Youth Ecosocpreneur Internship, dll. “Kelihatannya perlu ditindaklanjuti dengan memilih 1-2 desa piloting untuk menyinergikan gagasan,  harapan, dan praktik-praktik baik di Klaten ya, “kata Pak Herry. “Ayo kita mulai bulan depan!”seru Mas Agus penuh semangat.

IMG-20170821-WA0077-2

Mas Agus benar-benar serius untuk menjalin Simphoni di Desa. Piloting Patriot Pancasila akan dijalin dengan Pelopor Kolase Bangsa dan didukung Dasawisma Siaga Bencana untuk mewujudkan Desa Bersinar yang layak anak dan inklusif. Ia meminta saya mengirimkan bahan-bahan terkait dalam perjalanannya ke Jakarta menemui sahabat lama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s