Menyiapkan Madrasah Bersinar dengan Kampanye Belajar di Luar Kelas

Alhamdulillah, ternyata Bu Ida meninggalkan warisan keren sebelum pindah posisi dari Kasubdit Peserta Didik Ditma Ditjen Pendis Kemenag. 12 Program Islam Moderat di Madrasah sebagaimana yang diberitakan pada 10 Juli 2017 menyatakan bahwa prioritas ketiga pada 2017 adalah meningkatkan partisipasi peserta didik dalam mewujudkan Madrasah Bersinar (Bersih, Sehat, Inklusi,Aman, dan Ramah Anak). Tidaklah mengherankan jika akhir-akhir ini mulai banyak mitra di Madrasah yang mengontak aaya terkait kegiatan Madrasah Inklusi di Lombok dan Sukabumi. Alhamdulillah.

20170819_120020

 

Rasa syukur ini makin membuncah menyaksikan semangat ratusan guru RA dan Madrasah yang mengikuti pelatihan Madrasah Ramah Anak: BARISAN yang dilaksanakan 2 gelombang oleh Persatuan Guru Madrasah dengan dukungan dan arahan Kanwil Kemenag Kabupaten Sukabumi,  Kempppa, Erlangga, dan KerLiP pada 18 dan 19 Agustus 2017 di KPDA. Mimpi indah menyaksikan guru-guru hebat menginvestasikan uang, waktu, tenaga, dan pikiran untuk meningkatkan kompetensi diri mulai terwujud. Kabar gembira ini langsung saya sebar di wag SRA dengan haraoan menginspirasi teman-teman guru lainnya.

 

“Pengurus PGM Kabupaten Sukabumi baru terbentuk 2 bulan yang lalu. Kami belum melaksanakan raker, namun semangat para pengarah kami, yakni Pak Erwan, Bu Eri, Bu Andriani membuat kami bergegas untuk melaksanakan program ketiga yang menjadi prioritas Kemenag pada tahun 2017, “Pak Fery, Ketua Umum PGM Kabupaten Sukabumi. Kata-katanya bukan sekadar isapan jempol. Sampai acara dibuka, guru-guru madrasah terus berdatangan mendaftarkan diri. Panitia menetapkan biaya sebesar Rp100.000 dan sebagai imbalanya, peserta menerima buku SRA terbitan Erlangga senilai Rp102.000, makanan ringan, makan siang, dan materi-materi yang disampaikan Narasumber.

Madrasah Ramah Anak

“Madrasah adalah Rumah Kedua tempat penguatan pendidikan karakter anak-anak bangsa, “kata Pak Wawan  saat menyampaikan rangkaian materi yang disajikan pada pelatihan gelombang 1 dan 2, yakni:

1. Paparan Madrasah Ramah Anak
2. Konvensi Hak Anak
3. Disiplin positif
4. Juknis Madrasah Ramah Anak
5. Deklarasi komitmen mewujudkan Madrasah Ramah Anak

 

Kasie dari Kemenag menegaskan bahwa ia  berkomitmen penuh untuk mewujudkan SRA di Madrasah di Sukabumi bersama PGM. Tim MRA Sukabumi adalah 4 guru yang mengikuti pelatihan SRA di Jabar oleh Kempppa dan DP3AKB Jabar pada Ramadhan lalu. Upaya pendampingan pasca pelatihan melalui Forum SRA Jabar di wag menguatkan komitmen untuk bergegas mewujudkan SRA. Foto,  narasi, dan berita mengenai pelatihan Madrasah Ramah Anak mendorong peserta pelatihan dari Majalengka dan Cirebon untuk melaksanakan percepatan gerakan SRA di wilayah masing-masing. Secara paralel upaya silih wawangi melalui wag juga mendorong para fasilitator SRA di Maros, Bandung, Metro, Pringsewu, Bojonegoro,  Deli Serdang, Jakarta, Halmahera Barat, Lombok, Brebes, Balikpapan untuk bergegas. Fastabiqul khoirot.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s