Yang Melekat dari Audiensi dengan Kadisdik Kota Bandung: Skenario Sehari Belajar Di luar Kelas

Hujan deras menyambut kedatangan kami di kantor Dinas Pendidikan Kota Bandung pada Selasa, 8 Agustus 2017. “Silakan datang pada pukul 15.00, Pak Kadisdik menerima permohonan audiensi Ibu,”bunyi pesan yang diteruskan Manajer kampanye KerLiP, Nurul Fitry Azizah. Pak Ius Kadarusman, Direktur BKPAKSI Jawa Barat terlihat duduk di deretan bangku yang menempel ke dinding. Tak lama kemudian Mas Nashir, Dewan Pembina YPM Salman yang menghubungkan kami tiba bersama Mardi, Dosen Uninus lulusan Al Azhar Kairo. Bu Ekasari dan Fitry bergantian menanyakan kepastian audiensi seiring dengan beranjaknya jam ke pukul 16.00. Tak lama kemudian, Pak Cucu mempersilakan kami masuk dan memperkenalka diri.

“Tujuan kami mengajukan permohonan audiensi kepada Kadisdik Kota Bandung untuk menindaklanjuti penandatanganan ikrar kampanye sehari belajar di luar kelas oleh Pemerintah Kota Bandung yang diwakili ibu Kamalia Purbani, Asda I, serta ara penerima Anugerah Indonesia Pintar 2017 lainnya. Kami sangat berharap Pak Kadis menerbitkan surat rekomendasi untuk kegiatan pelatihan penyusunan RPP seharibelajardiluarkelas yang akan kami laksanakan pada 13 Agustus 2017 serta Surat Edaran untuk memastikan seluruh SD di kota Bandung melaksanakan kampanye seharibelajardiluarkelas pada 7 September 2017,” ujar Yanti KerLiP yang memimpin rombongan hari itu. Pak Cucu menyambut gembira kedatangan kami dan berjanji akan meneruskannya kepada Pak Kadis.

20170808_170426_1502313202961

Alhamdulillah, ternyata Pak Elih, Kadisdik Kota Bandung sudah kembali dari rapat dengan anggota dewan. Kesibukan menyiapkan Raperda Pendidikan Kota Bandung tidak menghalangi beliau untuk menanggapi masud kedatangan kami dengan sungguh-sungguh. “Saya langsung menyatakan siap ketika diminta untuk mendukung kampanye seharibelajardiluarkelas yang diprakarsai oleh Project Dirt dari Inggris dan dibawa oleh KerLiP ke Kota Bandung. Seperti yang sering kita saksikan, banyak sekali praktik-praktik baik dari guru-guru kota Bandung, termasuk kegiatan belajar di luar kelas. Saya sarankan lomba RPP diubah menjadi skenario seharibelajardiluarkelas. Hal ini akan mendorong guru-guru kita lebih kreatif dan inovatif mengembangkan pembelajaran yang mengarah pada penguatan pendidikan karakter tersebut,”kata Pak Elih. Pak Ius langsung menjelaskan tentang rencananya mengangkan skenario terbaik untuk menjadi salah satu scene film Lasykar Iqro yang akan diproduksi PT Bumi Prasidhi, perusahaan beliau.

Kearifan Lokal

“Saya usul dalam kegiatan belajar di luar kelas ini mengedepankan kearifan lokal agar anak-anak kita memahami tentang kearifan lokal dan budaya lokal,” kata Danny Missy, Bupati Halmahera Barat dalam pidato singkatnya sebagai salah satu penerima Anugerah Gerakan Indonesia Pintar 2017 di GSG Masjid Salman ITB pada Sabtu, 29 Juli 2017. Komunikasi melalui whatsapp termasuk dengan Kadisdik Kota Bandung memungkinkan kami untuk bertukar informasi dengan cepat.  Pak Elih mengirimkan link tentang kegiatan Rebo Nyunda di SDN 199 Sayuran Kota Bandung pada saat saya mendiskusikan arahan Ibu Leny N. Rosalin, Deputi Tmbuh Kembang Anak Kempppa yang merekomendasikan KerLiP kepada Project Dirt Inggris sebagai implementator kampanye #seharibelajardiluarkelas di Indonesia. Rupanya kearifan lokal ini juga dipandang penting dalam penyusunan skenario #seharibelajardiluarkelas.

Dialog saling belajar melalui wa pun bermuara pada penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal dan berlanjut dengan pemutakhiran status di facebook.

“Olah rasa, olah pikir, dan olah raga untuk penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal yang dikemas dalam Bandung Masagi. Model #SehariBelajarDiluarKelas di Kota Bandung. #BandungJuara ya Bu Ekasari Widyati, teh Nurul Fitry AzizahZamzam Muzaki. Mari kita dorong guru-guru mengirimkan Skenario Sehari Belajar di luar kelas belajardiluarkelas@gmail.com sebelum 24 Agustus 2017. Skenario terbaik akan menjadi salah satu scene film Lasykar Iqro yang diproduksi oleh PT Bumi Prasidhi. Tersedia hadiah pustaka sahabat anak dan hadiah menarik lainnya bernilai puluhan juta rupiah.”

Menyiasati Keterbatasan Memperluas Dampak

“Ada berapa sekolah yang sudah siap mengikuti kampanye #seharibelajardiluarkelas?” pertanyaan bu Leny di wag OCD7September membuka pembicaraan yang lama tertunda. Sahabat KerLiP baru mendapat komitmen dari Kadisdik kota Bandung untuk menyertakan 819 SD se-kota Bandung yang meliputi 229 ribu peserta didik dalam audiensi yang terlaksana pada Selasa lalu. Kami menyiasati keterbatasan dengan mengirimkan informasi setiap pekan kepada beberapa Kadisdik dan Bupati melalui wa. Pak Sony Kadisdik Halmahera Barat menyambut antusias. Para fasilitator SRA Nasional juga bergegas memastikan kampanye ini dapat dilaksanakan di daerah masing-masing, yakni Lampung, Bojonegoro, Maros, Deli Serdang, Serdang bedagai, DKI Jakarta, Lombok Timur, Sumedang, Sukabumi, Kabupaten Bandung, dll. Bu Leny menanggapi kabar tersebut dengan rencana menerbitkan surat edaran untuk memperluas jangkauan. Kami mengusulkan agar memastikan seluruh kota/kabupaten dan provinsi yang sudah menuju Kota Layak Anak dapat mengikuti kampanye #SehariBelajarDIluarKelas ini.

Pertemuan Bu Leny dengan Unicef membuka peluang untuk memasukkan substansi adaptasi perubahan iklim melangkapi usulan yang kami sajikan dalam buku saku Belajar Di Luar Kelas yang disebarkan kepada seluruh peserta Kajian kepahlawanan bersama Pelopor Kolase Bangsa di penghujung pemberian Anugerah Gerakan Indonesia Pintar 2017.  Kami pun menyampaikan kemungkinan untuk kolaborasi dengan Bandung Masagi yang digagas para pegiat dan praktisi pendidikan di kota Bandung kepada Pak Elih. Semua inisiatif ini menjadi bahan penting untuk disampaikan dalam audiensi bersama bu Leny dengan Dirjen Dikdasmen Kemdikbud yang akan dilaksanakan pada Jum’at 11 Agustus 2017.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s