21 Satuan Pendidikan akan Mendapatkan Apresiasi Sekolah Keren

“Ingin jadi anak lagi! Abis sekolah-sekolah di daerah keren-keren sih!”seru Mbak Diena,  sahabatku dari Sejiwa. Tumpukan berkas-berkas dari puluhan sekolah sudah mulai berpindah. Kami berenam menunaikan kewajiban sebagai tim penilai untuk memilih  sekolah/SLB/PAUD/PKBM yang akan mendapatkan Apresiasi Sekolah Keren. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk pertama kalinya akan melaksanakan Apresiasi Sekolah Keren dalam Gebyar Pendidikan Keluarga. Sebanyak 16-21 satuan pendidikan dari 150-an satuan pendidikan peserta.

Sekolah Keren Sekolah Ramah Anak

img-20170130-wa0086

Para pegiat Sekolah Ramah Anak masih harus berjuang agar inisiatif untuk mengumpulkan semua praktik baik  dalam gerakan SRA benar-benar diusung oleh semua pihak. Semangat untuk memastikan pemenuhan hak dan perlindungan anak di satuan pendidikan sudah menguat termasuk dalam pengertian Sekolah Keren. Dan kita bisa fokus disini.

Bukan kebetulan ketika Pak Amran mengangkat isu Sekolah Adiwiyata menanggapi paparan Bindikel. Model pelembagaan sekretariat sekolah adiwiyata di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kelihatannya bisa memperkuat inisiatif penandatanganan MoU yang disiapkan Bu Elvi, Asdep pemenuhan hak anak atas pendidikan, kreativitas, dan budaya Deputi Tumbuh Kembang Anak Kempppa. Beragam istilah sekolah/madrasah yang diusung Kemdikbud dan Kemenag dapat dikumpulkan oleh Kempppa dalam gerakan SRA.

Daftar Penerima Apresiasi Sekolah Keren

“Paguyuban Motekar di SLBN B Garut keren banget ya”.

“SMAN Bali Mandara memang konsisten mengedepankan diri sebagai sekolah berintegritas”.

Kalimat di atas bersliweran dalam diskusi tim penilai yang dipimpin Kasubdit Anak dan Remaja Direktorat Pendidikan keluarga Kemdikbud., Bu Nanik.  Apresiasi terhadap satuan pendidikan yang mengirimkan persyaratan lengkap dan dokumentasi pendukung yang menarik untuk setiap indikator Sekolah Keren menghangatkan suasana. Tumpukan berkas yang sudah mendapatkan penilaian dari masing-masing anggota tim penilai sudah dirapikan staf Bu Nanik. Kami mendiksusikan kekhasan masing-masing satuan pendidikan yang mendapatkan skor tertinggi untuk PAUD, PKBM, SLB, SD, SMP, SMA, SMK.

Daftar Penerima Apresiasi Sekolah keren

Ucapan selamat untuk 21 penerima Apresiasi Sekolah keren pun berhamburan di wag-wag yang memviralkan daftar di atas. Semoga kebiasaan dan pembiasaan baik di sekolah semakin banyak dan akhirnya menjadi kultur di sekolah.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s