Mewujudkan Sekolah Ramah Anak dengan Belajar Di luar Kelas

Tini Mf Martini Tapran Tapi jangan sampe cuma mindahin kelas ke luar, konten nya apa yg akan di gali

Komentar sahabat KerLiP pendiri Gerakan Semangat Selalu Ikhlas ini menjadi pendorong kuat untuk mengingatkan duo Fitry-Deasy yang menyusun Buku Saku belajar Di luar kelas agar segera memindahkan file format cdr ke pdf. Hari ini buku saku sudah disimpan dalam blog ini sebagai salah satu page, namun entah mengapa tidak terlihat di menu sebelum arsip. Mudah-mudahan segera diperbaiki Fitry. Nampaknya sudah menjadi guratan takdir bagi kami untuk bekerja sampai titik paling kritis yang memaksa kami berserah diri sepenuhnya kepada Allah Swt dengan penuh kepasrahan dan tawakkal.

Always Deadline, Alhamdulillah

Kami sudah memutuskan untuk menyelenggarakan kegiatan yang diusung untuk Bulan Inovasi Sekolah (BIS) Panutan,  Mei 2017 dilaksanakan pada 29 Juli 2017. H-5 pelaksanaan, Bagus, anak ideologis Ibu YantiKerLiP yang terkenal  sebagai Provokator SRA yang paling handal dari Kabupaten Maros mengabarkan bahwa donasi dari mitranya sudah ditransfer dalam jumlah 50% dari yang diajukan. Dengan sangat menyesal, kami terpaksa membatalkan dukungan yang dijanjikan untuk menghadirkannya di Hari Anak Nasional sebagai Kepala SMK Widya Nusantara, penerima Anugerah SRA Terbaik Nasional.

Halal Bi Halal Alumni Salman mempertemukan kami dengan Deasy R. Nurjannah, gadis multitalenta yang rendah hati. Allah membukakan pintu rizki-Nya untuk sahabat baru KerLiP ini. H-2 pelaksanaan, kami menerima titipan dana yang dapat digunakan sampai akhir Juli 2017. Akhirnya kami putuskan untuk berangkat ke Pekanbaru memastikan kehadiran Gubernur Riau dan Wali Kota Bandung dalam pencanangan kampanye belajar di luar kelas sekaligus menunaikan janji kepada publik, yakni membuka Arisan Keluarga Peduli pendidikan pada Hari Anak Nasional 2017 di Pekanbaru. Alhamdulillah.

Diskusi Terpumpun

“Pembawaan Teh Fitry asyik saat menjadi moderator diskusi ya, Bu. Saya penasaran untuk mendorongnya berinisiatif menggerakkan KerLiP, “kata Bu Ekasari kepada Bu Yanti. Nurul Fitry Azizah adalah putri sulung Ibu Yanti dan Pak Herry yang tumbuh bersama gerakan keluarga peduli pendidikan. Kebiasaannya bekerja memanfaatkan media online di kamar membuat sahabat-sahabat KerLiP mengira ia jarang berinisiatif. Padahal seluruh dokumen yang diterbitkan KerLiP, bahkan knowledge management KerLiP benar-benar mengandalkan Fitry.  Wajar jika Fitry menguasai materi kampanye dan advokasi pemenuhan hak atas pendidikan dan perlindungan anak yang dikerjakan KerLiP.

Saat Ibu Yanti  menerima amanah dari Ibu Leny untuk melaksanakan kampanye belajar di luar kelas di Indonesia, Ia langsung meminta Fitry untuk menghubungi Project Dirt di London secara intensif. Kemampuan bahasa Inggrisnya yang tinggi dan pola komunikasinya yang santun dan ceria melengkapi kematangannya dalam bersikap. Dan sejak saat itulah, Fitry resmi menyebut dirinya  campaign manager KerLiP sekaligus Direktur SAnDi KerLiP yang disandangnya sejak tahun lalu.

Spontanitas Ibu Yanti untuk mengundang Pak H. Anna, Ketua MKKS SD kota Bandung, Pak Sony, Kadisdik Kabupaten Halmahera Barat, Ibu Popy Wargani, paguyuban Motekar di SLBN B Garut, Ibu Juju kepala SDN P Cibiru Kabupaten Bandung, dan Ibu Engkom Kepala TK Marhamah Hasanah kabupaten Bandung menghadirkan sumber-sumber belajar yang inspiratif dari paktik-praktik baik. Peserta diskusi terpumpun Belajar Di Luar kelas pun terlihat antusias. Seharusnya narasumber pada sesi ini adalah Ibu Leny, Deputi Tumbuh Kembang Anak Kempppa dan Pak Elih, Kadisdik Kota Bandung, namun sudah ada agenda penting yang tak dapat ditinggalkan.

“Saya minta 5 kepala sekolah ke depan. Kita belajar sambil bermain,”kata Pak H. Ana. Peserta didik SD di manapun pasti gembira bermain bilangan positif dan negatif dan mengenal Matematika Realistik  -2, -1, 0, +1, +2 dengan cara yang menyenangkan.

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s