3 Langkah Bersiap Mengikuti PPDB Jalur Nonakademik ke SMA Pilihan Ananda di Bandung

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jawa Barat dan kota Bandung 2014 kembali mendapat sorotan tajam dari berbagai kalangan. Sejak dibentuk 2014 lalu, GMPP Indonesia yang dipimpin Pak Hary  Santoni terus mengawal pemenuhan hak atas pendidikan di kota Bandung.  Jalur nonakademik disediakan sebanyak-banyaknya 40% untuk anak-anak RMP, Prestasi, dan MoU.

Surat Keputusan Bersama antara Mendikbud dan Menag untuk mengalokasikan sekurang-kurangnya 20% bagi anak-anak dari keluarga yang tidak mampu secara ekonomi dan RMP (rawan melanjutkan pendidikan) membuka akses bagi semua anak untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi namun dalam pelaksanaannya masih perlu dicermati bersama. Pendampingan yang dilaksanakan sahabat-sahabat KerLiP menunjukkan kecenderungan anak dari jalur nonakademik ini berhasil dengan bimbingan khusus terutama dari teman sebaya.

Bagaimana dengan jalur prestasi?

Putri termasuk salah satu dari anak-anak yang beruntung memasuki sekolah pilihannya melalui jalur prestasi yang dialokasikan 5% dari jumlah kursi yang tersedia di sekolah/madrasah yang diselenggarakan pemerintah tersebut.

Langkah pertama dan utama yang perlu diperhatikan sebelum melaksanakan proses PPDB nonakademik jalur prestasi adalah memperhatikan minat, bakat, dan kemampuan anak dan kepentingan terbaiknya untuk tumbuh bersama teman sebaya di sekolah pilihan Ananda.

Kedua, mèncari informasi sekolah/madrasah kuota PPDB untuk prestasi yang akan diajukan Ananda dalam PPDB. SMAN 3 Bandung misalnya, tidak menyediakan kuota bagi jalur prestasi selain olah raga, seni,dan sain. SMAN 5 Bandung membuka kesempatan kepada semua peserta didik berprestasi yang lulus dari SMP/MTs/Paket B. Konsultasi anak penting dilaksanakan selama proses    cari tahu untuk mempertimbangkan sekolah/madrasah terdekat dari rumah.

Ketiga, memastikan semua bukti tertulis dari lembaga penyelenggara lomba lengkap dengan surat pertanggungjawabannya sudah discan bersama berkas penting lainnya.

Jika sudah siap, temani Ananda untuk survei ke sekolah-sekolah pilihannya, diskusikan dengan cara yang menyenangkan, dan mendaftar daring. Proses peralihan PPDB 2017 setelah pemberlakuan otonomi daerah terbaru memerlukan pengawalan intensif. Terhubung dengan jejaring pegiat pendidikan, seperti GMPP Indonesia lebih memudahkan para orang tua selama PPDB berlangsung.

Alhamdulillah prestasi yang diraih Putri mengantarkannya masuk ke SMAN 2 Bandung. Kini saatnya bergegas memperkuat jejaring bersama alumni Salman ITB di berbagai lembaga masyarakat yang bergiat di pendidikan. Kami sepakat untuk menyukseskan percepatan pendidikan menengah universal di Bandung mulai dengan membentuk Kolase Bangsa untuk Memperkuat Masjid Sebagai Pusat Peradaban.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s