Memperbanyak Sekutu dalam Menyiapkan Kampanye Belajar Di luar Kelas

Mendidik anak mengembangkan sistem berpikir kritis, peduli, dan kreatif sudah lama menjadi fokus Litbang KerLiP dalam mengembangkan konsep Pendidikan Anak Merdeka. Keberadaan Pak Aripin, pembelajar mandiri yang kami pindahkan dari Darussalam Bekasi ke  Perguruan Darul Hikmah menunjukkan keseriusan kami dalam penerapan Pendidikan Anak Merseka di tingkat kelas. Tidak mengherankan jika penanda-penanda Anak Merdeka yang tertangkap langsung pada kunjungan wartawan Kompas di SD Hikmah Teladan 11 tahun yang lalu menghasilkan tulisan yang sangat inspiratif. Sebanyak 3 artikel terkait konsep dan penerapan Pendidikan Anak Merdeka serta liputan khusus mengenai Pak Aripin yang disajikan Mas Bambang Wisudo memperkaya gerakan advokasi hak atas pendidikan di Indonesia pada 11, 12, 13, dan 17 Oktober 2006.

Keluarga-keluarga peduli pendidikan dan para pegiat hak atas pendidikan pun berdatangan ke SD Hikmah Teladan, laboratorium Pendidikan Anak Merdeka yang kami dirikan pertama kali di kota Cimahi. Kekhasan kami untuk mengembalikan hak prerogratif orang tua sebagai pendidik utama dan pertama anak tercinta dengan menyerahkan pendidikan spiritualitas keagamaan anak kepada keluarga dan menggantikannya dengan pendidikan karakter saya angkat dalam tulisan pesanan yang dipublikasikan dalam jurnal ANU.

Keputusan saya untuk pindah ke ibukota membawa praktik-praktik baik KerLiP di Jawa Barat mendapatkan tempat di hati banyak pihak. Kampanye dan avokasi Pendidikan Untuk Semua di Indonesia pun makin membahana. Komitmen Mendikbud untuk fokus pada penguatan pendidikan karakter setelah gerakan literasi sekolah tumbuh dan berkembang dalam kerangka penumbuhan budi pekerti memperkaya makna pendidikan bermutu dan bebas pungutan yang kami usung sejak menjalankan kampanye dan advokasi.

Dokter Sisca Pegiat KHA di Cirebon

Obrolan pendidikan ramah anak dengan Dr. Sisca saat menunggu kehadiran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon mempertemukan saya dengan para penggerak Cirebon Literasi Community. “Pak Yudi harus segera kesini, dech! Di depan saya ada perempuan hebat yang memiliki semangat luar biasa untuk memperkaya gerakan literasi yang Bapak pimpin. Ia berulang kali menegaskan bahwa Gerakan Literasi Sekolah masih belum menyentuh Penumbuhan Budi Pekerti, “kata Bu Sisca saat menelpon mitranya. “Ibu sediakan waktu khusus untuk mengobrol dengan Pak Yudi ya, “imbuhnya lagi sambil menatap mata saya lekat sekali.

Saya mengenal Dokter Sisca melalui wag forum peduli anak Jabar yang kami kelola atas permintaan Kabid PA DP3AKB Jabar. Suaranya yang khas mempertegas keberpihakannya dalam mendorong Pemerintah Cirebon untuk menghormati, melindungi, dan memenuhi hak anak. Beragam praktik baik yang disajikannya pada sesi terakhir Pelatihan KHA bagi pendidik Jabar mengundang decak kagum Kabid PA dan semua peserta pelatihan. Berkali-kali paparannya didokumentasikan bu Kabid yang duduk di depan saya. Saya sangat beruntung memutuskan hadir memenuhi undangan DP3AKB Jabar dan bertemu dengan pegiat KHA Cirebon yang luar biasa ini.

Para Pelopor Cirebon Literacy Community

“Saya langsung mendaftarkan diri mengikuti OCD, Bu. Tapi baru untuk kelas saya saja, “bisik Pak Kartino saat kami antri makan siang. Dua buku karya Pak Kartino siap dipamerkan pada Pekan Pendidikan di Kemdikbud 20-21 Mei 2017. Pak Kartino, Bu Elva, dan Pak Agus adalah para pelopor Cirebon Literasi Community yang diajak Pak Yudi bertemu saya di Hotel Prima Cirebon. Obrolan Pendidikan Ramah Anak di  lobby hotel tersebut benar-benat kaya. “Saya terpikir untuk mengubah lomba penulisan novel dengan lomba RPP Belajar Di Luar Kelas yang ibu tawarkan, “kata Pak Yudi.

IMG-20170520-WA0079

Cirebon Literacy Community diluncurkan pada 2 Mei 2016. Bu Elva dam Pak Agus bergantian menjelaskan tekad kuat para pelopor literasi tersebut. Dengan bangga mereka menyampaikan bahwa gerakan literasi di Cirebon sampai mengadakan teleconference dengan Gubernur. Mereka akan memberikan anugerah literasi kepada anak-anak yang sudah menyelesaikan membaca 24 buku dalam 8 bulan pada 23 Mei 2017.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s