Komponen Utama dan Prinsip-Prinsip SRA

Menurut catatan Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Pendidikan, Kreativitas, dan Budaya, sebanyak 1.417 sekolah/madrasah sudah mendeklarasikan Sekolah Ramah Anak di seluruh Indonesia. Saya yakin sebenarnya lebih dari itu. Pada saat Tim Litbang KerLiP menyusun Direktori Implementasi SMAB 2013 di BNPB terkumpul data 25.600 sekolah/madrasah yang menjadi mitra K/L/D/I dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak di sekolah/madrasah. Praktik baik terbanyak terkait SMAB dari anggota Konsorsium Pendidikan Bencana, lalu data sekolah yang menerapkan pendidikan inklusi dari Direktorat PKLK Dikdasmen Kemdikbud, Sekolah/Madrasah yang berhasil mendapatkan predikat adiwiyata berjenjang di Kementerian Lingkungan Hidup, sekolah/madrasah yang memiliki predikat sekolah bersih dan sehat, serta berbagai inisatif lainnya.

Komponen Utama

Seluruh sekolah ini sudah menuju SRA ketika memenuhi 6 komponen utama berikut:

1. Kebijakan dalam bentuk komitmen tertulis dengan mencantumkan Sekolah Ramah Anak di papan nama sekolah.

2. Pembelajaran ramah anak yang bermuara pada penegakan disiplin positif,untuk ini kami menyiapkan kampanye Sehari Belajar Di luar Kelas pada 7 September  se-dunia. Sekolah/madrasah akan dodorong untuk mengikutsertakan seluruh peserta didiknya dalam kampanye tersebut apalagi dilengkapi RPP Panutan oleh guru dan memperkuat partisipasi anak dan dukungan orang tua/wali di dalam inisiatifnya.

3. Guru terlatih KHA. Kempppa dan Dinas PPPA di provinsi dan kota/kabupaten terus melaksanakan kegiatan pelatihan KHA dan SRA bagi pendidik di berbagai wilayah di Indonesia. Pada kesempatan tersebut seluruh perwakilan sekolah/madrasah dan OPD terkait mendeklarasikan komitmennya untuk mewujudkan SRA.

4. Sarana prasarana sekolah/madrasah yang aman, bersih dan sehat, mendukung kelangsungan hidup dan tumbuh kembang anak.

5. Partisipasi anak. Sahabat KerLiP mendorong pelembagaan gerakan siswa bersatu mewujudkan SRA (GSB MeSRA) oleh OSIS atau perwakilan komunitas anak di sekolah/madrasah mulai dengan melaksanakan YES for Safer School pada kampanye Sehari Belajar Di luar Kelas. Lebih keren lagi jika sekolah/madrasah melengkapi ruang BK dengan pojok curhat dan pusat kreativitas anak.

6. Partisipasi orang tua, masyarakat, alumni, dunia usaha. Komponen keenam ini kami dorong melalui kegiatan pembinaan pendidikan keluarga dalam bentuk Obrolan Pendidikan Ramah Anak (OPeRA) dalam pertemuan orang tia murid dan guru kelas, Obrolan Kesehatan, Keselamatan Kesiapsiagaan Terpadu Ramah Anak (OrK3STRA) di dasawisma untuk memperkuat ketahanan keluarga berbasis komunitas dalam mendukung pemenuhan hak dan perlindungan anak. Ragam kegiatan 20.menit memukau orang tua bercengkerama dengan anak atau mengaji bersama dilengkapi dengan pelembagaan sekretariat bersama untuk memperkuat silaturahmi antara masyarakat, pemerintah,  dan dunia usaha dunia industri, seperti Sekber Panutan di Riau, Seknas SPAB di Kemdikbud, dst. Simphoni bangsa yang sudah terjalin perlu diperkuat dalam pelembagaan yang dapat menjadi wahana berbagi praktik baik. Pemanfaatan media sosial sangat mendukung Gerakan SRA di dunia maya. Seluruhnya demi kepentingan terbaik anak bangsa untuk tumbuh kembang menjadi anak cerdas berakhlak mulia.

Prinsip-Prinsip

Anak-anak usia sekolah memerlukan teladan yang baik dari orang tua sebagai pendidik pertama dan utama bagi mereka. Guru dan tenaga kependidikan di SRA mendidik anak di sekolah/madrasah dengan memegang teguh prinsip-prinsip pendidikan yang sudah bersesuaian dengan SRA, yakni:

1. Nondiskriminasi, antikekerasan,dan perlakuan salah lainnya

2 Kepentingan terbaik anak selalu jadi pertimbangan utama

3. Hak anak untuk hidup,  menjaga kelangsungan hidup dan tumbuh kembangnya secara fisik, psikis, dan sosial atau menurut asas pemikiran pendidikan Ki Hadjar: merdeka lahir, batin, tenaga,dan pikiran.

4. Partisipasi anak terutama hak anak untuk didengarkan dan ditanggapi dengan sungguh-sungguh

5. Tata kelola yang baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s