Advokasi Pemenuhan Hak Anak di Jawa Barat

Sahabat KerLiP di Jabar dan kota Bandung sempat menyayangkan hilangnya kesempatan untuk menjalin kemitraan khas yang lebih baik lagi di Jawa Barat. “Saya memilih untuk tetap diundang sebagai perwakilan KerLiP, Bu. Jika pengundang keberatan menggunakan KerLiP maka lebih baik kita alihkan untuk membantu daerah lain, “ujar salah satu narsumber andalan kami pada saat membicarakan strategi advokasi pemenuhan hak anak di Jawa Barat. Saya sampaikan bahwa hikmah terbesarnya ketika Allah memiliki cara yang indah untuk memperluas jangkauan kampanye dan advokasi sahabat-sahabat KerLiP. Tanpa menunggu lama, kami mendapat undangan  untuk memfasilitasi persiapan deklarasi Sekolah Panutan di Riau dan penguatan pelembagaan Sekretariat Bersama Panutan di Dinas Pendidikan Provinsi Riau. Bulan Inovasi Sekolah Panutan pun lahir menggantikan Bulan Aksi MeSRA. Rangkaian kegiatan yang menarik terus memperkaya BIS Panutan perdana yang kami gelar 20 April-20 Mei yad.

Penilaian KLA Membuka Kesempatan Lama

Tulisan ini kembali saya lengkapi setelah menyerahkan surat tugas yang diminta oleh DP3AKB Jabar. Penilaian KLA di Kota Bandung dan hubungan unik kami dalam Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak di tingkat nasional mendapat apresiasi yang baik. Sahabat KerLiP kembali mendapat kesempatan untuk membawa praktik-praktik baik dalam penyusunan Rencana Aksi Daerah tentang pemenuhan hak dan perlindungan anak menuju Jabar Provinsi Layak Anak.

Saya menyambut gembira permintaan DP3AKB Jabar untuk membahas draft renstra yang berlanjut jadi pekerjaan rumah. Tim Litbang KerLiP membantu menyiapkan Kerangka Acuan Kegiatan, formulir untuk SKPD dan Lembaga Pemerhati Anak serta contoh RAD KLA Yogyakarta dan PUG Jatim. Seluruhnya saya kirim sebelum pertemuan berikutnya.

Belajar Bersama Pak Usman

Saya setuju dengan pernyataan Pak Usman dalam paparannya mengenai Pengarusutamaan Hak Anak di Opsroom DP3AKB Jabar kemarin lusa, DP3AKB harus menentukan program dan kegiatan yang memberikan daya ungkit untuk mencapai 1-2 misi Gubernur Jawa Barat. Iklim yang kondusif untuk mengusulkan inovasi baru seyogyanya dimanfaatkan untuk memperluas jangkauan praktik baik agar 17 juta an anak Jawa Barat dapat terpenuhi haknya dan mendapatkan perlindungan dari berbagai ancaman.

Dalam upaya pemenuhan hak anak menuju Provinsi Jawa Barat layak anak, pak Usman mwnghimbau DP3AKB Jabar untuk melakukan beberapa tahap berikut:

1. Cek visi misi Gubernur yang cukup mudah

2. Pilih yang paling cocok dengan jati diri, nilai-nilai luhur Jawa Barat lalu sesuaikan dengan kegiatan 25 Asdep di Kempppa

Menurut Pak Usman, ada 16 provinsi yang memiliki P2TP2A dipimpin istri Gubernur, beberapa diantaranya dijadikan alat untuk parkir dana yang tidak langsung terkait P2TP2A. Hal ini tidak menjadi masalah jika alokasi untuk PKK, misalnya dikaitkan dengan penanganan kasus yang menimpa anak. Selama ini ads juga yanh menggunakan alokasi P2TP2A untuk membiayai perjalanan dinas yang tidak berkaitan dengan pemenuhan hak anak.  Masyarakat Jawa Barat beruntung memiliki ketua P2TP2A yang benar-benar berperspektif pada korban.

Pak Usman juga menegaskan arti penting kajian baseline 5 tahun terakhir sebelum diskusi terpumpun untuk menyusun RAD Provila Jabar dilaksanakan. Asumsi peningkatan jumlah korban tindak kekerasan berdasarkan tren 5 tahun terakhirenjadi acuan untuk mengukur keberhasilan pemenuhan hak anak di jawa Barat. Selisih negatif antara asumsi tersebut dengan kenyataan di lapangan dapat disajikan sebagai keberhasilan upaya pencegahan kekerasan terhadap anak di Jawa Barat.

Saya merasa perlu mendorong DP3AKB Jabar dengan dukungan Diana dari LPA untuk menyiapkan baseline berdasarkan kajian tersebut dalam penyusunan RAD yang terpercaya. Sumber daya terbaik KerLiP pun kami arahkan untuk membantu DP3AKB Jabar mewujudkan mimpinya melakukan harmonisasi kebijakan pusat dan daerah yang bermuara pada pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s