Ibu Rena Memimpin Seknas SPAB

Sekretariat Nasional (Seknas) Sekolah Aman yang diinisiasi KerLiP bersama Wamendiknas, Wamenpu, Kepala BNPB, Kemdagri, Kemenag,dan Kempppa pada tanggal 25 Agustus 2011 mendapat pengukuhan dalam bentuk Keputusan Mendikbud, Prof Muhadjir Effendi dengan nama Seknas SPAB (Sekretariat Nasional Satuan Pendidikan Aman Bencana). Bu Rena selaku Direktur Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan Dasar dan Menengah  (PKLK Dikdasmen) Kemdikbud memimpin Seknas SPAB  yang diluncurkan pada awal tahun 2017. Kemensos, Kemdagri, Kemenag, BNPB, Kempppa, dan Kempupera serta mitra pembangunan nasional dan internasional menjadi mitra pendukungnya.

Keberadaan Seknas SPAB menunjukkan bahwa bangsa Indonesia memiliki komitmen yang kuat untuk menerapkan Pengurangan Risiko Bencana di Pendidikan. Ratusan SLB mendapatkan bantuan pendidikan PRB dan sekolah/madrasah yang membutuhkan rehabilitasi pasca bencana sangat terbantu dengan kinerja Direktorat PKLK Dikdssmen Kemdikbud. SLBN B Garut yang menjadi mitra KerLiP misalnya, terus bergegas memperluas dampak penerapan SPAB dengan mengajak 11 SLB lainnya setelah mendapatkan apresiasi sebagai Sekolah Aman oleh ASEAN Secretariat sesuai pengajuan dari Ketua Seknas SPAB tersebut. Puluhan SD yang terkena gempa di Halmahera Barat siap direhabilitasi Direktorat PSD pada 2017.

Screenshot_2017-05-14-17-21-13

Informasi yang disebar Zamzam menunjukkan bukti keseriusan Seknas SPAB dalam upaya PRB di pendidikan sekaligus pemutakhiran aksi nyata Bu Rena sebagai Ketua Seknas SPAB.

Rapat hari ini dibuka oleh Bu Direktur PPKLK, dan dihadiri oleh tim PKLK, Tim Dapodik Sesditjen Dikdasmen, Dapodik Sesditjen PAUD DIKMAS, PDSPK Kemdikbud, dan Tim INARISK BNPB. Beberapa hasil rapat diantaranya:

1. Jangka pendek, dilakukan integrasi Data INARISK dan DAPODIK sehingga nanti di INARISK akan muncul data sekolah dan di Sebaran sekolah DAPODIK akan muncul data Risiko Bencana. Tim Teknis INARISK dan DAPODIK Kemdikbud sudah mulai mengerjakan ditargetkan tgl 22 mei Sudah terintegrasi.

2. Jangka Menengah, Penambahan Atribut SMAB dalam data DAPODIK yang diinput oleh Sekolah. Ditargetkan hasil analisa data input dari sekolah melalui DAPODIK dapat dilaunching pada bulan PRB 2017

3. Jangka Panjang, Monev implementasi SMAB dan penilaian Sekolah aman terintegrasi dalam Dapodik sehingga target dalam jakstra PB dan Roadmap SMAB tercapai pada 2019.

Terimakasih.
Salam – JM

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s