Pengelolaan Sampah Berbasis Madrasah di MTsN 34 Jakarta

Bulan Inovasi Sekolah Panutan di ibukota dimulai dengan Latihan Evakuasi Mandiri yang dijalin dengan Bank Sampah dan sosialisasi Sekolah Ramah Anak di MTsN 34 DKI Jakarta. Pak Usup dengan dukungan kepala madrasah, wakil kepala madrasah, orangtua dan 400 lebih peserta didik melaksanakannya dalam expo yang dibuka tepat pada #HariKesiapsiagaanBencanaNasional 26 April 2017. Dunia usaha dan lembaga masyarakat yang memberikan dukungan langsung antara lain: KPAI, KerLiP, LPBI NU, PGMI, BJB, Pergunu,  dan BRI.

Inisiatif YES for Safer School 

MTsN 34 terletak dekat bandara Halim Perdana Kusumah di samping sungai. Anak-anak sudah terbiasa menghentikan pembelajaran pada saat pesawat terbang melintas. “Beberapa penerjun pernah turun di atap madrasah kami. Syukurlah warga madrasah sigap membantu mereka. Tenaga terlatih membantu mengobati yang terluka, “ujar Pak Kepala Madrasah saat kami makan siang di ruangan beliau.

Kondisi banjir dan penyelamatan peserta didik MTsN34 pada Februari 2017

Pak Waspada dari KPAI menyampaikan komponen utama Sekolah Ramah Anak setelah bertanya seputar penerapan disiplin positif di MTsN 34 DKI Jakarta. Pembawaannya yang santai membuat anak-anak menjawab pertanyaan tersebut dengan semangat. Saya mengajak warga madrasah untuk menyanyikan lagu dan gerak evakuasi gempabumi. Salah satu peserta didik bersedia memimpin di depan dengan menyanyikan lagu Pelangi menggunakan bahasa Arab. Iringan organ guru kesenian menghangatkan suasana

Abadikan Ilmu dengan Berbagi

Senang sekali mengikuti semangat pak Usup guru MTsN 34 Jakarta #AbadikanIlmudenganBerbagi di wag Forum SRA DKI. Film dokumentasi Latihan Evakuasi Mandiri dari banjir yang diĺaksanakan pada 26 April 2017 menambah meriah HKBN2017 sudah dibagikan melalui youtube. dan Deklarasi SRA yang ditandatangani multipihak termasuk kabid Pemenuhan hak Anak atas Pendidikan dan kreasi anak dari sampah anorganik yang memikat hati mendapatkan apresiasi dari Bapak/Ibu guru yang bergabung di Forum SRA DKI setelah mengikuti gebyar SMAB pada 22 januari 2017.

Peserta didik MTsN 34 menggunakan kalung kreasi dari koran bekas. Menarik ya

IMG-20170510-WA0115

Advertisements

4 thoughts on “Pengelolaan Sampah Berbasis Madrasah di MTsN 34 Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s