#SiapUntukSelamat di #HKBN2017 Memulai BIS Panutan (1)

Gagasan Bulan Inovasi Sekolah (BIS) Panutan muncul dari giat #SiapUntukSemua yang dilaksanakan puluhan juta warga negara atas prakarsa BNPB menggelar #HKBN2017. Sekolah piloting Panutan pun berpartisipasi melaksanakan #YES4SaferSchool secara mandiri. Perwakilan anak-anak SMAN 8 yang mendapatkan pelatihan persiapan #YES4SaferSchool dari Tim i-KerLiP menjadi tutor sebaya anak-anak SMKN 5 dan 2 atas permintaan Bu Dwi Kepala SMKN 5 Pekanbaru. Foto-foto kegiatan dari Bu Dwi,  Bu Afni Kepala SMAN 4, Pak Tavip Kepala SMAN 8, dan Bu Rita Kepala SMKN 3 Pekanbaru menunjukkan adanya komitmen warga sekolah tersebut untuk tumbuh bersama Sekber Panutan yang dipimpun oleh Pak Kamsol, Kadisdikprov Riau.

BIS PANUTAN
YES4SaferSchool

Menemukenali langkah sederhana untuk menyampaikan arti penting sekolah/madrasah lebih aman dari bencana  dalam pemenuhan hak atas pendidikan dan perlindungan anak menjadi tantangan tersendiri bagi sahabat-sahabat KerLiP. Adalah Fitry perintis Green SMile Inc., salah satu badan otonom KerLiP yang menggagas Youth Evacuation Simulation fo Safer School  saat kampanye SMAB kami giatkan bersama multipihak pada 2013. Inisiatif ini berupaya meningkan partisipasi anak dalam penerapan SMAB dengan cara yang menyenangkan. Kami beruntung mendapat dukungan penuh dari Bu Nia Kurniati wali kelas digital di SMPN 11  yang menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran sampai melakukan penilaian yang melahirkan Gerakan Siswa Bersatu Mewujudkan Sekolah Ramah Anak dengan 6 langkah sederhana mulai dengan Cara Asyik Cari Tahu (CACT) bertema Sudah Amankah Sekolah/Madrasahku? Fina dan temannya di SMPN 11 mendapatkan hadiah Tas Siaga Bencana serta sertifikat Duta Anak #YES4SaferSchool yang ditandatangani bersama Direktur Pembinaan PKLK Dikdasmen Kemdikbud yang kini menjadi Ketua Seknas SPAB, Ibu Rena Wasono.

Praktik-praktik baik #YES4SaferSchool di SMAN 1, SMAK Rehoboth, SMPN 11, MAN 1 kota Bandung menghiasi blog http://gerashiaga.wordpress.com yang dibuka sebelum kampanye Sekolah Ramah Anak diperluas. Bulan Aksi MeSRA (Mewujudkan Sekolah Ramah Anak) pun mendapatkan momentumnya dengan  adanya partisipasi dari pengurus forum anak daerah Jawa Barat yang dipimpun oleh Nirwan pada saat itu. Kampanye YES4SaferSchool kami bawa dalam kegiatan Peringatan Bulan PRB di Solo pada 2014. Kami mendapat kehormatan untuk mengelola stand Kemdikbud dan menghadirkan semua pegiat SMAB dalam fotobooth dan display di stand tersebut. Banyak sekolah di Jawa Tengah dan Yogyakarta yang mengikuti kegiatan #YES4SaferSchool dan mendapatkan beragam hadiah yang kami sediakan.

Saat ini inisiatif #YES4SaferSchool kembali kami angkat menyambut gembira rencana pencanangan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional pada 26 April 2017. Terima kasih kepada Bagus Kepala SMK Widya Nusantara Maros yang membuatkan meme ini menandai latihan evakuasi yang benar-benar mandiri yang dilaksanakan oleh warga sekolahnya. Apresiasi yang tinggi juga diberikan oleh BNPB dalam bentuk twitter kegiatannya.

Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran yang kami susun dalam LIBRA YES for Safer School_3Mei 2014 kami latihkan kepada para perwakilan anak di SMAN 8 dan SMKN 5 dan 2 di Pekanbaru dalam rangkaian persiapan program Sekolah Panutan. Apresiasi yang sama juga disampaikan BNPB dalam twitternya kepada SMAN 4 Pekanbaru dan SMP Islam Al Wasi’Maros yang melaksanakan #SiapUntukSelamat di #HKBN2017. Selain di Maros dan Pekanbaru, sahabat-sahabat KerLiP juga menggerakkan #YES4SaferSchool di 11 SLBNB dan 11 SLB di gugus XXI kabupaten Garut, SDN 1 Dadapan,  SD Magersari1, 2, SD Waru 1,2, dan3 dan SD Tawangsari 1dan 2 semua kec Rembang, SDDadap Mulyo, SD Lodan 1dan 2 Kecamatan Sarang Rembang. SMKN 5 Bandung,  SMPN 10 Salatiga,dan TK/RA/Madrasah se-Kabupaten Sleman. Secara spontan juga dilaksanakan di Lampung, Sleman, Lombok, dst.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s