Sebelas SLB di Kabupaten Garut Berlatih Giatkan #SiapUntukSelamat

Inisiasi SLB Aman Bencana di Kabupaten Garut makin menguat dengan kepemimpinan Ibu Mulyawati, Kepala SLBN B Garut. Pendampingan yang dilaksanakan sahabat KerLiP pasca banjir bandang September 2017 menumbuhkembangkan semangat #AbadikanIlmudenganBerbagi. Tak kurang dari 11 SLB dalam gugus XXI Kabupaten Garut belajar bersama ananda Lisna, peserta didik SLBN B Garut. Lisna menggunakan Bahasa Isyarat memimpin lagu dan gerak evakuasi gempabumi di hadapan Kepala Sekolah dan perwakilan guru dari 11 SLB yang mengikuti pelatihan #SiapUntukSemua pada Sabtu, 22 April 2017.

Kalau ada gempa lindungi kepala//Kalau ada gempa hindarilah kaca/kalau ada gempa masuk kolong meja//kalau ada gempa lari ke lapang terbuka

Paparan dari Pak Eri sebagai ketua Tim Siaga Bencana SLBN B Garut tentang SMAB diikuti dengan paparan praktik-praktik baik SLB-SLB yang sudah menggiatkan SLB Aman Bencana lainnya.

Konsultasi Anak

Beberapa foto dan rekaman kegiatan pelatihan #SiapUntukSelamat yang dikirim bu Nia ke wag Tim Siaga Bencana SLBN Garut turut mewarnai  wag Champion Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang dikelola Pak Anton dari Forum PRB DKI. Dokumen Lisna bahkan menghias twitter Pak Sutopo, Kepala Pusdatinhumas BNPB dan mendapat sambutan hangat dari para follower.

IMG-20170422-WA0139

Tentu saja apresiasi yang menggembirakan ini menambah semangat TSB SLBNB Garut, apalagi latihan evakuasi mandiri yang akan dilaksanakan pada Rabu 26 April.2017 pukul 10.00 di 11 SLB tersebut akan dilanjutkan dengan  sosialisasi dan deklarasi SRA bersama Pak Agus, Kabid SRA Kempppa.

Tantangan terbesar dalam upaya mengaitkan SMAB ke SRA adalah memastikan persiapan diawali dengan konsultasi anak, apalagi ini di SLB. Namun hal ini justru menumbuhkan kegembiraan tersendiri. Kitahanya perlu membuka ruang apresiasi bagi anak-anak berkebutuhan khusus untuk memimpin persiapan  Latihan Evakuasi Mandiri dengan gembira. Selanjutnya setiap SLB berkomitmen untuk menyiapkan spanduk khusus untuk ditandatangani bersama sebagai bukti komitmen tertulis warga SLB masing-masing dalam mewujudkan SRA.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s