Persiapan Ujian

Deg-degan hadapi ujian? Semuanya begitu kok. Namanya saja minggu tenang,  justru makin deg-degan ya. Sibuk mencari dan mengumpulkan bahan-bahan yang belum sempat dibaca. Jadi teringat puluhan tahun silam. Tiga minggu sebelum mengikuti UMPTN menenangkan diri di rumah sahabat lama dengan tumpukan buku kumpulan soal dari beragam lembaga bimbel yang diikuti teman-teman sekelas.

Jujur dech…masa sekolah kan lagi asyik-asyiknya bermain sama teman sebaya. Belajar secukupnya aja, yang penting bisa naik kelas. Lahir dan dibesrkan di keluarga miskin bukan halangan untuk menikmati masa-masa penuh kegembiraan. Memang tidak bisa mengikuti teman-teman yang lain, bisa renang kapan aja, les musik, les kimia, matematika, bimbel di tempat keren. Tapi bukan berarti ngga bisa gaul. Paling harus pintar atur waktu. Tugas si rumah meringankan pekerjaan rumah tangga, main, mengaji ke masjid, berkumpul dengan teman-teman rasanya tak ada yang terlewat. Nah giliran mau masuk ke perguruan tinggi yang disukai harus kerja keras. Godaannya banyak. Mesti tahu batas. Pilihan teraman ya pinjam buku soal teman-teman dan menumpang belajar di rumah teman lama.

Alhamdulillah, masa-masa penuh tantangan itu bisa terlewati.

Jadi, apa sajakah yang perlu kita persiapkan untuk menghadapi Ujian? Ini dia tips-tips yang dapat membantu kita menyingkirkan rasa takut menghadapi ujian.

1. Jaga Kesehatan
Allah memang baik ya. Kesehatan adalah salah satu nikmat termahal anugerah Ilahi. Kita hanya perlu menjaga dan memelihara lahir batin agar tetap sehat. Pastikan sebelum ujian tidur secukupnya, makanan bergizi halal dan baik, serta menjaga kebugaran dengan olah raga

2. Ikuti program pembelajaran di sekolah dengan baik
Jika badan kita sehat maka hidup kita akan penuh semangat. Program pembelajaran di sekolah menjelang ujian biasanya cukup banyak.  Berpikir positif dan ikuti dengan penuh semangat ya. Jika kita mengikutinya dengan baik seharusnya tidak perlu.ikut bimbingan belajar diluar sekolah atau berhenti bermain dengan teman-teman.

3. Berlatih mengenal model dan bentuk soal dalam ujian
Memahami setiap bentuk soal dengan berlatih rutin terbukti membantu banyak orang.  Pada dasarnya soal-soal Ujian relatif sama setiap tahunnya.   Satu konsep soal yang kamu kuasai dengan berlatih, insya Allah membuat kamu mudah menghadapi soal sejenis. Nah, jika kamu berhasil menemukenali banyak konsep, keberhasilan sepertinya sudah di tangan

4. Buat jadwal belajar mulai sekarang, dan fokuslah pada satu hal

Sediakan waktu satu jam per hari untuk fokus belajar satu mata pelajaran. Dan sisanya kamu bisa bermain dan beristirahat sebagai hadiah dari belajarmu, insya Allah jika kamu konsisten dengan jadwal yang sudah kamu buat, hasilnya pasti dahsyat 😀

5. Belajar kelompok
Tips ini cocok buat kamu yang senang belajar bersama teman. Tapi ingat ya, mulai dengan memahami diri sendiri dan lakukan atas kemauanmu sendiri, dengan begitu kamu akan menikmati belajar saling membahas soal.dengan teman-teman.

6. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan
Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan mestinya ngga perlu susah-susah ya. Kenali hobimu dan lakukan belajar sambil diselingi melakukan hobimu. Ada lho yang jalan-jalan sambil baca buku, memancing sambil belajar,  dst.  Pastikan tempat kamu belajar terasa lebih asyik dan bermakna. Mungkin tata letak meja dan kursi dekat jendela, lesehan di ruang tengah,  atau mojok di kamar tidur. Kamu lebih tahu apa yang kamu inginkan. Sambil mendengarkan musik.juga asyik ya, tapi jangan dekat-dekat ke televisi atau internet kalau ngga kuat nahan godaan ya. Biar kamu tetap fokus belajar.

7. Berdo’a dan mintalah do’a restu dari kedua orang tua
Salah satu do’a yang paling mujarab adalah do’a orang tua kepada anaknya, mintalah restu pada orang tua kamu. Hal ini dapat menjadi spirit dan menambah rasa percaya diri yang luar biasa bagi kamu.

Tentunya tidak adil jika kita minta di do’akan, tapi kita sendiri tidak ikut berdo’a untuk keberhasilan kita. Lucu banget jika hal seperti itu sampai terjadi. Maka berlakulah adil, diri kita sendiri yang harus bekerja lebih keras, bukan orang lain.

8. Jangan lupa sarapan 
Ini penting banget! Logika gak jalan tanpa logistik,  guys. Perut keroncongan mana bisa punya energi melahap tumpukan soal. Sarapan dengan makaman sehat dan bergizi itu harus.

9. Mereview materi ujian sesaat jelang ujian
Kita bisa membuka-buka lagi materi pelajaran yang sudah kita pelajari sebelumnya, tapi bukan dibaca keseluruhan, hanya direview sesaat. Tujuannya untuk.memancing ingatan kamu.

10. Kumpulkan referensi materi ujian selengkap mungkin
Setiap.orang memiliki kepribadian yang unik, menemukenali diri kamu sendiri sangat penting. Tips ini berguna bagi kamu yang suka kelabakan mencari sumber belajar di saat genting. Kalau kami memgumpulkannya jauh sebelum ujian dilaksanakan, kamu lebih mudah mencari sumber belajar untuk soal-soal yang penuh tanyangan.

Usaha, do’a dan tawakal, berserah diri dan pasrah pada Allah  adalah kunci untuk persiapan ujian.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s