Gerakan Sekolah Ramah Anak di Indonesia

Kabar gembira dari Lampung menumbuhkan semangat pagi para fasilitator SRA Nasional. Adalah Bu Dr. Sowiyah yang membagi foto-foto temu persiapan pelatihan SRA di Lampung yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2017.

OPeRA makin mengasyikkan dalam wag terbatas yang kami buka dan isi bersama. Kopdar dengan bu Tety di Sekretariat Bersama KerLiP, FGII, RCPI, AGSI, GIP, GenTaskin yang difasilitasi Binar Pustaka hampir setiap hari turut menyuntikkan semangat untuk mengundang semua anggota wag aktif berbagi praktik baik.

Buser SRA

Fasilitator SRA dengan bangga menggunakan rompi Buser SRA dari Kempppa dalam setiap kegiatan sosialisasi dan advokasi gerakan SRA di berbagai wilayah di Indonesia. Pagi ini kami mendapat suguhan foto-foto pelatihan SRA dan penandatanganan deklarasi Kabupaten Sumba Barat Daya Provinsi NTT mewujudkan SRA. Bagus dari IGI Maros yang juga menggiatkan KerLiP di Maros memfasilitasi kegiatan di SBD bersama bu Elvi.

Sahabat-sahabat KerLiP bekerjasama dengan DPP FGII memfasilitasi persiapan Gerakan SRA di DKI Jakarta melalui Talkshow SRA di Kemang dan Seminar penguatan partisipasi keluarga dalam mewujudkan SRA di Kemdikbud pada bulan Januari 2017. Guru dan Kepala sekolah/madrasah yang mengikuti Gebyar SMAB pada 22 Januari 2017 kami undang untuk mengikuti kegiatan tersebut. Lebih dari 70 orang di antara mereka masuk kedalam wag Forum SRA DKI. Pak Yusuf dari MTsN 34 DKI siap mendeklarasikan SRA pada 26-27 April 2017. Bu Nia Yuniarsih satu-satunya peserta guru yang bergegas investasi dengan mengikuti pelatihan fasilitator SRA yang dilaksanakan i-KerLiP setiap Jum’at di Sekber.

Inisiasi gerakan SRA di DKI makin greget setelah bu Ratna memfasilitasi pertemuan dengan Kadisdikprov DKI pada Senin 10 April 2017. Pemerintah Provinsi DKI mengundang bu Elvi untuk menyampaikan materi SRA dalam pertemuan eselon 3 setiap hari Selasa dan melanjutkan pendampingan dengan bidang terkait pendidik dan tenaga kependidikan.

Gerakan SRA menuju KLA

Forum SRA Maros dan Pak Iriansyah dari Bandung silih berganti mengabarkan gerakan SRA menuju kota Maros Layak Anak dan Evaluasi KLA di Bandung serta Jawa Barat. Bu Dr. Sowiyah juga tak ketinggalan menunjukkan Pelatihan SRA di Dumai menuju KLA. Pada kesempatan berbeda sahabat KerLiP secara mandiri menyiapkan bulan aksi MeSRA 20 April-20 Mei 2017 yang mengemas beberapa kegiatan dengan target 1.000 sekolah/madrasah mendeklarasikan SRA secara serentak. Beberapa DPC KerLiP menyiapkan kegiatan-kegiatan khas masing-masing.

Sekolah Panutan yang digagas Kadisdik Provinsi Riau pun siap untuk mwndukung gerakan SRA. Kami akan bersama-sama melakukan bedah sekolah di Pekanbaru untuk menyiapkan piloting Sekolah Panutan. Rencananya mulai dengan #YESforSaferSchool di Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional pada 26 April 2017

KerLiP Pangkalan Bun, Cianjur, dan Kabupaten dengan dukungan Direktorat Bindikel menyiapkan sosialisasi pendidikan keluarga dalam pencegahan TPPO. Prov Kentar dari Kabupaten Malang bersama Mas Imam dan Pak Supandi di Kota Malang menyiapkan Semiloka Pendidikan Inklusi melalui SRA. Sekolah Garasi prov Kentar, MTsN 34, SLBN B Garut dan imbas 11 SLB, SLBN Inhul, SMPN 10 Salatiga,kemenag kabupaten Sleman, SMKN 5 Bandung dan sekolah/madrasah mitra KerLiP lainnya Mewujudkan SRA melalui Latihan Evakuasi Mandiri pada HKBN 26 April 2017.

Sementara itu, kami juga mendampingi DPP FGII yang mendapat dukungan dari Kempppa untuk memperkuat pengasuhan berbasis hak anak dalam upaya SRA di NTB, Sulbar, dan 12 provinsi lainnya bersama IGI dan PDGI. Mas Agus, fasilitator SMAB dari Bengkulu dan bu Sari dari KerLiP Bandung menyiapkan pelatihan SRA di wilayah kerja masing-masing.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s