Sekolah Adiwiyata Mandiri Menuju SRA

Sungguh kehormatan bagi kami masuk kedalam tim penilai sekolah adiwiyata mandiri. Kabar gembira ini langsung saya bagikan kepada sahabat-sahabat fasilitator SRA Nasional. “Terbuka peluang sinergi untuk percepatan gerakan Sekolah Ramah Anak. Hampir di semua daerah yang saya kunjungi, hasrat untuk mendapatkan predikat Sekolah Adiwiyata begitu menggebu. Tidak hanya dari warga sekolah, bahkan kepala dinas pendidikan dan Walikota/Bupati juga mengharapkannya, “pesan ini mendapat tanggapan antusias dari semua sahabat KerLiP. Undangan bimtek pun tiba. Saya sempat kebingungan mengatur jadwal yang bertabrakan. Semangat sinergi membuat saya bergegas melepaskan kegiatan lain untuk menghadiri bimtek yang dilaksanakan mulai Jum’at pagi.

Lomba atau Pembinaan

Ibu Cicilia memaparkan konsep dan mekanisme penilaian Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Pembahasan tentang pakta integritas menunjukkan keseriusan tim penilai. Zamzam dan saya sempat berdiskusi pelan untuk membahas beberapa catatan penting terkait Gerakan Sekolah Ramah Anak. “Bagaimana dengan model pembinaannya, Bu? Menurut pengalaman saya akan lebih baik jika Tim Adiwiyata mulai memperkuat pembinaan berjenjang. Saya khawatir dengan beragam cara yang dilakukan untuk memastikan penilaian benar-benar otentik, sementara itu warga sekolah melakukan cara-cara instan untuk mendapatkan predikat Sekolah Adiwiyata. Kami baru saja menghadiri peluncuran Seknas Satuan Pendidikan Aman Bencana, penuh harap kita bisa bersinergi di Kemdikbud, “ujar saya saat mendapatkan kesempatan untuk bertanya.

Sudah sejak lama saya khawatir perlombaan tidak berujung pada pembinaan berkelanjutan. Namun melihat jenjang sekolah untuk mendapatkan predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri, nampaknya ada perubahan pembiasaan oleh warga sekolah sekurang-kurangnya selama 3-5 tahun.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s