Kabar Gembira Menjelang Bulan Aksi MeSRA 2017

Kalau ada minimal dua kab.ko yg sudah punya bibit SRA (Sekolah Ramah Anak) saya tarik ke provinsi pelatihannya ya bu…krn SRA masuk prioritas nasional maka tim staf kepresidenan memantau capaiannya n yg saya gemetar karena yg masuk di tim ksp adalah target usulan dg dana usulan yg 3 kali lipat dr dana sekarang..jd saya coba cari strategi utk mencapai target jumlah orang, jumlah kab.ko. jumlah provinsi dan jumlah sra nya.

Kabar gembira menjelang Bulan Aksi Mewujudkan Sekolah Ramah Anak (MeSRA) yang siap digelar 20 April-20 Mei 2017. Ada apa dengan Bulan Aksi MeSRA 2017?  Sahabat-sahabat KerLiP sudah aktif dalam Sepekan Aksi Pendidikan untuk Semua sejak 2002. Ragam aksi unjuk peduli pendidikan kami laksanakan dengan melibatkan multipihak untuk memastikan tersedianya alokasi anggaran yang memadai agar setiap anak menikmati hak atas pendidikan. Sepekan Aksi PUS dirancang dalam Dialog Komunitas Pendidikan yang diinisiasi CBE di tingkat nasional dan GCE di tingkat global. Kampanye PUS dilaksanakan dalam rangka mengawal capaian Education for All yang disepakati di Dakkar pada April 2000 yang diikuti Indonesia bersama ratusan negara lainnya.

Bangsa Indonesia memiliki kekhasan tersendiri karena Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) jatuh pada 2 Mei setiap tahun. Momentum global ini kami manfaatkan untuk meningkatkan komitmen Pemerintah dan Pemerintah Daerah dalam pemenuhan hak atas pendidikan. Selain Hardiknas, kami juga menghubungkan kampanye dengan Hari Kartini pada 21 April, Hari Lingkungan Hidup 6 Mei dan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2017.

Gerakan Sekolah Ramah Anak

Sekolah Ramah Anak adalah salah satu indikator capaian Kota/Kabupaten Layak Anak (KLA). Lebih dari 300 kota/kabupaten sudah berkomitmen mewujudkan KLA dalam upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak di Indonesia. Keberhasilan Bu Leny (kini Deputi Tumbuh Kembang Anak Kempppa) mendorong para walikota/bupati bergegas mendapatkan predikat KLA terlihat jelas dalam upayanya memompa semangat semua pihak untuk mengarahkan segala sumber daya untuk mencapai KLA. Kegigihannya untuk menggalang dukungan agar istilah SRa diterima semua pihak patut diacungi jempol. Kini SRA diatur dalam Permeneg PPPA no 8 Tahun 2014. Draft Perpres yang sudah disiapkan Kemdikbud melalui Dirjen Dikdasmen dan didukung Kemdagri, Bappenas, Kemenag, Kempppa, BNPB, Kemkes, KLHK, dan seluruh Kementerian/Lembaga masih memerlukàn pengawalan.

Kabar gembira dari Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga, Pak Sukiman, mengenai perkembangan terkini penyusunan draft perpres terkai.pemenuhan hak dan perlindungan anak di pendidikan.

Screenshot_2017-03-15-06-05-58

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s