Model-Model Pembelajaran diluar Kelas yang Kekinian

Pak Yunan masih yang terajin berbagi di wag Forum SeRAI DKI. Kali ini permintaan berbagi praktik baik pembelajaran diluar kelas disambutnya dengan puluhan foto. Rencananya sahabat KerLiP akan menyiapkan Bulan Aksi Mewujudkan Sekolah Ramah Anak (MeSRA) dengan beragam model pembelajaran diluar kelas. Tujuan utamanya membuka ruang apresiasi bagi guru untuk menunjukkan praktik-praktik baik pembelajaran yang menyenangkan dalam kerangka Gerakan Sekolah Ramah Anak. Kampanye outdoor classroomday akan diluncurkan secara serempak di seluruh dunia pada tanggal 18 Mei 2017. Seluruh dokumentasi kegiatan pembelajaran diluarkelas selama Bulan Aksi MeSRA akan dikumpulkan dan ditunjukkan pada kegiatan Outdoor Classroom Day di Jakarta.

Pembelajaran IPS dan PKN 

Kompetensi IPS terkait pemilihan umum ditingkatkan dengan langsung praktek pemilihan ketua Osis. Teori disampaikan hanya sebentar. Semua TPS  didampingi oleh guru IPS dan PKN sebagai koordinator. Sederhana namun bisa jadi bekal peserta didik saat dewasa. Pak Yunan waktu di SMP 101 DKI Jakarta sudah kekinian ya?

Hari ini putri kami membersihkan rumah bersiap menerima 8 temannya belajar bersama di rumah. Kali ini mengkaji Pilkada dari siaran langsung di Televisi. Jadi ingat saat menyusun rencana pelaksanaan Tugas Akhir Pekan di SD Hikmah Teladan dulu. TV tidak diharamkan justru dijadikan sumber belajar  rutin setiap.akhir pekan dan disarankan didampingi ayah bunda. Membangun kelekatan hubungan orang tua dan anak sambil.memanfaatkan teknologi untuk membiasakan kasmaran belajar bersama.

Menjaga Kebersihan

Kebersihan sebagian dari iman. Kegiatan Jumsih (Jum’at Bersih) sudah menjadi kebiasaan di sekolah tempat Pak Yunan mengajar. Model pembelajaran diluar kelas yang satu ini sangat bermanfaat.

Kegiatan 1 jam jumat bersih bersama warga sekolah. Mushola, kantin, halaman parkir, ruang Osis, taman sekolah.  Minggu pertama peserta didik kls 7 dan kls 8 melaksanakan pengenalan lingkungan dengan jalan-jalan di sekitar sekolah. Sementara itu,  kls 9 berolahraga lalu bergantian tiap minggu. Minggu terakhir peserta didik yang muslim  Yasinan dan shalat Dhuha. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh warga sekolah SMPN 101 Jakarta.

Kata Pak Yunan, “paling bahagia kalau jalan-jalan bareng keliling kampung bareng anak-anak. Setiap kelas didampingi oleh wali kelas. Kegiatan pengenalan lingkungan sekitar jadi lebih menyenangkan.

Menabung Sampah

Lho, sampah kok ditabung? Harusnya dibuang pada tempatnya ya. Ternyata setiap kecamatan di DKI Jakarta sudah membuka Bank Sampah. Pak Yunan memanfaatkannya dengan mengajak anak-anak membiasakan memilah sampah organik dan anorganik.  Setor sampah ya ke Bank sampah. Kelas bersih dapat uang kas lagi. Khusus sampah anorganik ditampung di Kecamatan. “Ayo bu, berlomba-lomba agar bersih dan dapat uang tabungan. Ada timnya, Bu. Pengurus kelas bagian pengelola sampah kelas, “kata Pak Yunan dengan gembira.

Bagaimana dengan sampah organik? Praktik membuat kompos di aula juga menyenangkan anak-anak.

Bagaimana pencatatan tabungannya? Kita simak foto-foto di bawah ini. Bulan aksi MeSRA 2017 bakal seru dan penuh cerita dari aksi-aksi Gembira di Sekolah ya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s