Psikotes

Ia tertegun melihat seragam putih yang digunakan putrinya. Lusuh dan penuh bercak noda kecoklatan. “Kemana saja aku delama ini?” bisiknya pelan sambil tak kuasa menahan rona mukanya yang memerah. Tiba- tiba saja malu menyergap. “Ayo sayang! Hari sudah sore. Ibu khawatir kantornya keburu tutup, ” ujarnya sambil menenteng tas plastik ungu berisi dompet, kabel charger, dan HP.

Mereka berdua naik angkot. Rintik jujan mulai turun mengiringi kepergian mereka. “Psikotesnya hanya ada hari Sabtu ?”serunya tertahan setelah menyimak penjelasan petugas di bagian pendaftaran. Meja 1, 2, dan 3 terlihat kosong. Beberapa mahasiswa terlihat berkerumun.

Mencari Psikotes yang Meyakinkan

Beberapa bulan yang lalu ia mendiskusikan hasil psikotes yang diperlihatkan putri bungsunya. Terasa ada yang aneh. “Formulir ini harus diisi bersama Ibu, ” kata Putri sambil meletakkan formulir pendaftaran melanjutkan sekolah. Betapa kagetnya ia ketika melihat kolom khusus yang diisi berdasarkan hasil psikotes tersebut. Secara spontan dihubunginya rekan psikolog profesional untuk konsultasi.

Pemeriksaan hasil kerja tim revisi buku yang diterbitkan perusahaan tempatnya bekerja ternyata memerlukan waktu yang cukup lama. Tepat jam 13.00 WIB ia menghentikan proses tersebut untuk sementara. Alhamdulillah sudah selesai 2 jilid dan dikirim kembali kepada supervisor tim revisi. Ia bergegas menjemput putrinya untuk konsultasi. Tujuan pertama ke lokasi yang diarahkan temannya. Namun karena ketidaksesuaian waktu, diputuskannya untuk menemui sahabat lama di YPM Salman. “Biro Psikologi Salman sudah lama tutup, Mbak, ” ujar staf di kantor YPM Salman. “Saya sarankan untuk menghubungi Teh Iip langsung, ” imbuhnya. Ah, rupanya orang yang sama.

Alhamdulillah putri bungsunya terjadwal psikotes hari ini pukul 08.00 -15.00 wib. Permohonan ijin kepada wali kelas sudah dijawab. Saatnya bersiap.

Azamta fatawakkal alallah. Apapun hasilnya, proses yang ditempuhnya Insya Allah lebih meyakinkan.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s