Refleksi Perjalanan GeMBIRA bersama KerLiP

Sudah dua hari menahan diri untuk tidak menuliskan aksi-aksi MeSRA yang diinisiasi secara mandiri oleh Pemerintah dan/atau Pemerintah Daerah. Tak ada sedikit pun niat mengambil kredit dari setiap kegiatan mandiri tersebut. Menyebar rasa keberlimpahan yang muncul seiring dengan kegembiraan menyaksikan tapak-tapak sujud sahabat-sahabat KerLiP menyebar atas kehendak Ilahi. Bukankah pada hakikatnya setiap diri tanpa kekuatan dan daya upaya selain dari Allah swt.

Ada rasa enggan yang menyergap. Benar saja, yang terpanggil hanya 30% dari undangan yang disebar. Namun tugas harus tetap diselesaikan. Syukur alhamdulillah ada kawula muda yang cepat tanggap memberikan apresiasi dan rekomendasi. Beberapa penyesuaian dilakukan untuk menumbuhkan partisipasi dalam pembelajaran. Pemetaan praktik-praktik baik dan kegiatan inovasi untuk Gerashiaga di sekolah/madrasah dan apresiasi dari para kawula muda menjadi baham untuk menilai kedekatan dengan aksi MeSRA yang kami rumuskan dalam Permenegpppa no 8 tahun 2014.

Menyiasati Keterbatasan

Kampanye dan Advokasi di tingkat nasional memberikan batasan yang jelas ketika kami mendapatkan kesempatan untuk menjadi fasilitator atai narasumber dalam kegiatan mandiri yang dilaksanakan oleh beberapa pemerintah daerah. Hari ini sahabat KerLiP bergembira merumuskan alokasi anggaran untuk Panutan di Riau, menyiapkan pameran SMAB  di Car Free Day Jakarta, merumuskan penguatan Bandung Masagi bersama para pegiat pendidikan karakter di kota Bandung, dan memfasilitasi penyusunan Rencana Aksi MeSRA di beberapa sekolah di Kabupaten Bogor. Kalau bukan karena irodah Allah lalu atas dasar apalagi?

Keterbatasan sumber daya untuk menyelenggarakan kegiatan mandiri tidak berarti menghentikan GeMBIRA bersama KerLiP. Undangan untuk berbagi strategi advokasi pemenuhan hak anak atas pendidikan dari Mitra Pembangunan Internasional dan mereviu kurikulum pendidikan anak dan remaja yang disusun Kemdikbud minggu depan membuka peluang untuk tetap menjalankan GeMBIRA bersama KerLiP.

Tak ada alasan untuk berhenti bekerja demi kepentingan terbaik anak bangsa.

Tetaplah GeMBIRA, karena kejeniusan dilahirkan dari kegembiraan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s