SDN Perumnas Memulai Gerakan MeSRA di kota Tasik dengan Gerakan Literasi Sekolah

“Keren lho Bu, penggeraknya penuh semangat seperti Bu Mufti dan Bu Nia, PNS tapi aktif di komunitas. Ruang tamu rumahnya dijadikan perpustakaan keluarga yang disebut Rumpaka. Katanya terinspirasi jurnalis dari Surat Kabar Priangan yang datang ke sekolah sampai membentuk Pers Cilik yang melahirkan album keren gunakan musik tradisional karinding dst. Anak autis disana yang senang tatalu menggunakan gimbee. Anak-anak tuna grahita jadi mentor sebaya di Saung Langit yang mendidik anak jalanan dst di bawah naungan langit Tasik. Setelah 6 tahun berjalan dan terhubung dg WJLRC nya Bu Mia dkk, Kepala sekolah sepakat menjadikan SDN Perumnas SABAK”. Pesan ini saya kirim kepada Bu Muftiah, pegiat Pendidikan Inklusif kota Bandung.

Pertemuan saya dengan penggerak GLS di SDN Perumnas ternyata sangat diharapkan oleh Bu Yetin, Bu Yayah dan Pak Shobihin. Ketiga guru hebat ini sangat antusias mengikuti sosialisasi Gerakan MESRA Mewujudkan Sekolah Ramah Anak yang dilaksanakan BP3AKB Jabar dengan dukungan pemkot Tasik. Hadir dalam pembukaan, Ibu Kabid KPA BP3AKB Jabat bersama Kadisdik dan Kepala KBPMP3A Kota Tasik. “Sungguh kehormatan bagi saya sebagai tim penyusun kebijakan SRA menyaksikan Bapak/Ibu menginvestasikan waktu, tenaga, dan pikiran untuk memulai aksi Gerakan Mesra di Kota Tasik “kalimat pembuka ini saya sampaikan sebelum menyampaikan tahap-tahap perumusan SRA dan pelaksanaannya bersama Dr. Endah Chotim dari UIN Bandung dan Dr. Erham dari Unisba.

Survei Kesiapan Sekolah

Badan KBPMP3A kota Tasik mengundang 5 SD dan 6 SMP dalam kegiatan pelatihan SRA bagi guru dan tenaga kependidikan yang diselenggarakan di Hotel Harmoni, pada hari Senin tanggal 28 November 2016. Setiap SMP mengirimkan perwakilan Kepala Sekolah, PKS Kesiswaan, Ketua Komite Sekolah, Guru BK, dan pengurus OSIS. sedangkan SD mengirimkan Kepala Sekolah, guru dan Komite Sekolah. Check List Potensi SRA yang kami susun bersama Asdep Pemenuhan Hak Anak Atas Pendidikan, Waktu Luang, dan Kegiatan Budaya Kempppa melalui rangkaian diskusi terpumpun dan konsutasi publik yang diisi anak menjadi bahan pertimbangan untuk survei awal  ke SMPN 5 kota Tasik. Sedangkan pemilihan survei ke SDN Perumnas berdasarkan ragam inovasi yang disampaikan ketiga perwakilannya dengan penuh kebanggaan.

Hujan tak menghalangi kami untuk menelusuri tapak-tapak Gerakan Literasi Sekolah yang menakjubkan di SDN Perumnas.  “Keterlibatan Kepala Sekolah di WJLRC dan semangat pembaharuan yang digiatkan beliau menjadikan Gerakan Literasi yang saya mulai sejak 2009 lalu mendapat penguatannya dalam 3 bulan terakhir, “kata Pak Dudu, guru kelas IV SDN Perumnas. Pak Dudu bersikeras mengajak kami yang tengah terkagum-kagum dengan beragam portofolio Gerakan Literasi Sekolah di SDN Perumnas untuk menyimak perjalanannya di ruang literasi di lantai 2.

Tayangan lagu yang dinyanyikan sekelompok anak diiringi musik Karinding menjadi pembuka presentasi Gerakan Literasi Sekolah yang sudah dimulai Guru PNS ini jauh sebelum bangsa kita sadar akan pentingnya GLS. Pak Dudu memperkenalkan temannya dari Komunitas Saung Langit yang hobby fotografi dan membantu menata dokumentasi GLS di SDN Perumnas Kota Tasik bersama anak-anak. Ragam kegiatan yang terintegrasi dengan rumpaka di rumah pak Dudu serta mitra komunitas Saung langit mengantarkan Pak Dudu dan binaannya melanglang buana. GLS ini sedang dimantapkan sejalan dengan rencana SDN Perumnas menjadi Sekolah Adiwiyata. Besar harapan ragam kegiatan yang berakar dari tumbuh kembang minat anak berkesenian dan berkomunitas dinawah bimbingan guru yang mendidik dengan sepenuh hati dan kemitraan dengan Saung Langit ini menjadi model Gerakan Mesra di Kota Tasik.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s