Berani Gagal tapi Tidak Gegabah

Pagi ini Bandung masih berselimutkan awan kelabu. Udara dingin yang masuk dari berbagai arah membuatku sulit beranjak dari karpet tebal tempat kami bersimpuh di hadapan Ilahi. ada beberapa kata yang menari-nari di pikiranku sejak memberanikan diri untuk mengesampingkan tata laku yang selama ini kujaga.

Belajar Pagi 

Kebiasaan belajar memperbanyak kosa kata dengan membuka kamus di pagi hari sudah lama hilang dari keseharianku. Kesibukan merintis usaha di ibukota benar-benar menyeretku pada pusaran tak bertepi. Pagi ini aku mulai dengan kata gegabah. Kata ini aku terima dari Komisaris Utama perusahaan yang aku kelola dengan arahannya yang begitu intens sejak 2 tahun yang lalu. 

Mari kita baca arti kata gegabah dari KBBI online.

Gegabah/ge:ga:bah/Jw a terlampau berani sehingga mengakibatkan kurang hati-hati (tentang sikap,tindakan, perbuatan).

Teman-teman pernah dengan kata seureudeug? Kata ini melekat dalam keseharianku karena sering diucapkan almarhumah mamah. Seureudeug adalah istilah dalam bahasa Sunda yang berarti digawena gurung gusuh. Kebiasaan buruk yang sulit kulepaskan. 

Belajar pagi tak lengkap jika tidak mencari kata positif yang ingin kutanamkan dalam benakku untuk menghapus stigma tersebut. Berani gagal adalah motto yang dipilih Tim Mutafannin saat merintis SD Hikmah Teladan sebagai laboratorium sekolah untuk mengembangkan konsep Pendidikan Anak Merdeka.

Berani Gagal

Tidak seperti Pemenang, Pecundang selalu takut akan kekalahan. Kegagalan adalah salah satu proses menuju kesuksesan. Individu yang menghindari kegagalan juga berarti menghindari kesuksesan. (Robert T. Kiyosaki) 

Tanpa banyak menjelaskan, penulis buku rujukan tentang kecerdasan finansial ini langsung menghubungkan kekalahan dengan kegagalan. Dia benar! kita cek KBBI yuk!

Berani/be:ra:ni/ a mempunyai hati yang mantap dan rasa percaya diri yang besar dalam menghadapi bahaya, kesulitan, dan sebagainya; tidak takut (gentar, kecut).

Gagal/ga:gal/ v tidak berhasil; tidak tercapai (maksudnya).

 


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s