Percepatan Sekolah Ramah Anak di Jawa Barat

[30/06 19:23] Dr Dadang: Bu Yanti besok jam 09.00 bertempat di Aula Lt 4 DISDIK JABAR di undang hadir oleh pak kadisdik prov. Dlm acara persiapan PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH YG RAMAH DAN BERKARAKTER. Dgn Nara Sumber Ibu DR. Hj Nety Heryawan.
[30/06 19:56] yanti kerlip: Insya Allah hadir Pak
[30/06 20:59] Dr Dadang: Sekalian kita ingin bicarakan konsep SRA

Undangan singkat melalui wa ini saya terima saat mengikuti pers conference International Islamic Fair di Balai Kartini Jakarta kemarin. 

Akhirnya setelah meneliti dan mengembangkan model-model Pendidikan Anak Merdeka yang Inklusif dan Ramah Anak di Cimahi, Bandung dan sekitarnya sejak 2000, perluasan praktik baik di Jabar siap mendapatkan alokasi APBD yang memadai. Saya bersama sahabat-sahabat KerLiP mengawal 1 MSSHC dengan dukungan penuh BPBD Jawa Barat dan Pak Asep Hilman pada tahun 2010 menjangkau 1734 SMK se-Jabar. Penelitian dan pengembangan dalam program KerLiP bersama RCMU Bappenas untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang lebih sehat, hijau dan aman di DAS Citarum Jabar pun menjadi model Pendidikan Ramah Anak (PRA). Pedoman PRA  tersebut kami kaji dan kembangkan dari 12 praktik baik sekolah sehat, aman, bersih, hijau, dan inklusif. bersama Kempppa dan 7 K/L terkait. Pedoman tersebut diadopsi ke dalam Grand Desain MA Insan Cendekia dan Juknis Rehabilitasi Madrasah. Penerapannya di Jabar bersama Kanwil Kemenag Jabar pada tahun 2011-2012.

Seiring dengan pelembagaan Seknas Sekolah Aman, kami mengawal piloting Sekolah Madrasah Aman Bencana tahun 2012 di 180 SD-SMP penerima DAK Pendidikan di Jabar, Sumbar,dan NTB. Khusus di Jabar diperkuat Sahabat KerLiP.dengan pelatihan bagi 73 Kepala Sekolah penerima alat peraga pendidikan di Kota Bandung dan pelatihan partisipasi anak untuk 313 ketua OSIS se-Bandung Raya di BPBD Jabar pada tahun 2012-2013 dan dikemas dalam GERASHIAGA.

Roadshow GERASHIAGA dan pelatihan fasilitator GERASHIAGA dengan dukungan multipihak kami lanjutkan dalam bentuk Safari Gembira untuk mendampingi Agen-Agen MeSRA Mewujudkan Sekolah Ramah Anak mulai tahun 2013. Komunitas SPeAKnACTBdg pun terbentuk bersama aktivis Forum Anak Jabar.  Saya Pelajar Anti Kekerasan dan Amat Cinta Tanah Air, Teman dan Keluarga bergema dari Bandung ke Tanah Karo melalui MeSRA Homestay program.

Alhamdulillah peluncuran Gerakan Keluarga Peduli Pendidikan Bersih, Sehat, Indah, Inklusif, Aman, dan Ramah Anak (KerLiP Bersinar) di SLBN Cicendo pada tanggal 18 Desember 2015 oleh Ibu Netty dan menghadirkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Asda Pemkot Cimahi, GSB Bersinar SMPN 11 Bandung, dkk diperkuat dengan rintisan Sekber PHPA Jabar pada tanggal 22 Desember 2015 yang juga dihadiri Bu Muftiah Yulismi dari Pokja Inklusif Kota Bandung dengan narasumber Kabid KPA BP3AKB Jabar, Asdep PHPA Kempppa, Perwakilan FAD Jabar, Pemerhati disabilitas, Duta Anak YES4SaferSchool dari SMPN 11 dan SMPN 35 Bandung. 

SD Marhas mitra mandiri dalam Gerakan Keluarga Peduli Pendidikan sejak tahun 2004 resmi menyebut diri sebagai Sekolah Bersinar pada pelatihan SRA bagi guru dan orang tua peserta didik TK-SD Marhas dan Al Amanah pada hari Minggu lalu. GSB Bersinar SMPN 11 menjalin sister school dengan anak-anak di SLB Baleendah dan menjadi fasilitator Roadshow SMAB yang kami laksanakan atas kerjasama dengan WVI, Save The Children,dan Plan International Indonesia. Sebanyak 16 SD dan 3 SLB yang direkomendasikan oleh Kadisdik Kota Bandung menjadi peserta toadshow kemudian mengirimkan guru untuk mengikuti pelatihan fasilitator SMAB pada tanggal 8-11 Juni 2016. 

Gerakan Jabar Tolak Kekerasan Terhadap Anak

Saya sempat mengira jika Gerakan Jabar Tolak Kekerasan Terhadap Anak bertumpu pada penerapan Sekolah Aman yang diperluas Mendikbud menjadi model pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap anak di satuan pendidikan sebagaimana diatiur dalam Permendikbud 82 tahun 2015. Presentasi Ketua P2TP2A Jawa Barat, Ibu Dr. Netty Prastiyani, M.Si yang berjudul Sekolah Ramah Anak menepis anggapan saya. 

Saya gembira menyaksikan tayangan  slide beliau yang mengutip Permenegpppa No 8 tahun 2014 dan permendikbud tersebut. Kegembiraan saya makin lengkap setelah film yang dibuat tim Direktorat PSMA tentang Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti di SRA Khazanah SMANLibels Bandung ditayangkan. Meskipun tayangannya tanpa suara untuk mengiringi tanya jawab peserta  dari kepala SMA/SMK se-Jabar dengan Bu Netty, saya yakin  menggugah kesadaran kritis hadirin. 

Tentu saja kesempatan emas ini saya share ke wag dan fb sebagai wahana untuk mengapresiasi kabar gembira dari Jabar. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s