Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti di SRA Khazanah SMAN Libels

Film yang ditayangkan Pak Iriansyah di facebook mendapat sambutan antusias dari berbagai kalangan. Alumni-alumni Libels Bandung pun menyatakan kebanggaannya bersekolah di almamater mereka. Sekolah yang didampingi KerLiP Bandung melalui Safari GemBIRA bersama Forum Anak Kota Bandung ini menerima bantuan SRA dari BP3AKB Jabar pada tahun 2014. Kami membawa praktik-praktik baik di SMAN 15 Bandung yang dipimpin langsung oleh Pak Sugiarto, kepala sekolahnya, dalam setiap kesempatan sosialisasi SRA. Film ini melengkapi materi KIE terkait SRA dan mengukuhkan SMAN Libels sebagai model Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti dari Kemendikbud. Pak Ir adalah guru BK yang menjadi PKS Kesiswaan saat bantuan dari Pemprov Jabar disampaikan yang tetap konsisten mengawal penerapan SRA bahkan setelah berhenti menjadi PKS Kesiswaan.

image

Kemitraan Khas KerLiP dengan BP3AKB Jabar

Sejak hadir memenuhi undangan BP3AKB Jabar mewakili Kempppa dalam kegiatan sosialisasi SRA di Garut, KerLiP mendapat kehormatan menjadi mitra lembaga masyarakat dalam percepatan KLA di Jabar khususnya kluster IV. Bu Nenny Kepala BP3AKB Jabar saat itu mempercayakan penyusunan naskah akademik Ranperda Jabar tentang Percepatan KLA. Proses penyusunan yang dipimpin Ibu Diana Handayani bersama tim Litbang KerLiP ini menyertakan seluruh SKPD dan dikonsultasikan langsung ke Deputi Tumbuh Kembang Anak Kempppa. Konsultasi publik naskah akademik ini dilaksanakan bersamaan dengan sosialisasi Perda Ketahanan Keluarga.

Gerak cepat Bu Dian Kabid KPA BP3AKB memungkinkan saya menyampaikan praktik-praktik baik termasuk SRA di SMAN 15 saat menjangkau seluruh kota/kabupaten yang bergegas untuk diajukan dalam penilaian KLA tahun 2017 yad. Saya mewakili KerLiP bersama ahli dari Unpad dan IPB mendampingi Bu Dian memfasilitasi 27 Kota/Kabupaten di Jawa Barat untuk mengisi instrumen penilaian KLA terkait penganugerahan KLA dari Gubernur Jabar yang akan dilaksanakan 2016.

Kemitraan khas KerLiP di tingkat nasional sebagai mitra Asdep Pemenuhan Hak Anak Atas Pendidikan, Kreativitas, dan Budaya Deputi TKA Kempppa, Direktorat Pembinaan PKLK Ditjen Dikdasmen Kemendikbud, dan anggota Tim Pokja TPPO KTPA Kemensos memungkinkan kami untuk memperkuat inisiatif BP3AKB Jabar dan menjangkau kluster V perlindungan khusus. Inisiatif Sekretariat Bersama Pemenuhan hak Pendidikan Anak pun muncul dalam pendampingan penguatan Gugus Tugas KLA Kluster IV di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Undangan menjadi salah satu narasumber dalam penyusunan materi KIE untuk menggiatkan Gerakan Jabar melawan Kejahatan Seksual Anak yang diselenggarakan Bappeda mengukuhkan kemitraaan khas KerLiP dengan BP3AKB Jabar.

Meskipun sempat diwarnai conflict interest terkait “kepemilikan” SMA Libels sebagai percontohan SRA Jabar dan Nasional, saya dan tim Litbang KerLiP tetap memandang perlu untuk menyampaika praktik baik mereka dalam setiap kesempatan termasuk saat menyusun bahan presentasi Kadisdikprov Jabar dalam kegiatan talkshow pada peringatan Hari PRB di Surakarta. Beberapa kali Pak Ir dan Duta Anak di SMAN 15 Bandung kami undang untuk menyampaikannya langsung dalam Rapat Penyusunan Modul ToT SRA, Panduan SRA di Direktorat PSMA, dan Pembuatan Film untuk sosialisasi Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti dalam pelatihan Kurikulum Nasional.

Semoga upaya untuk menjalin kemitraan khas ini terus memperkuat seluruh warga SRA Khazanah SMAN Libels dalam menggiatkan Gerakan SRA di Indonesia.

image

Mari GeMBIRA bersama Keluarga Peduli Pendidikan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s