Pembinaan Pendidikan Keluarga Menuju Riau Panutan

image

Paparan Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga, Dr. Sukiman sangat pas mengawali sosialisasi lokakarya dan orientasi Pendidikan Layak Bermutu, Ramah Anak, Bebas Pungutan (Panutan) di Pekanbaru tanggal.1 April 2016 lalu. “Ayo anak-anak isi kursi di barisan depan, kalian adalah generasi penerus bangsa ini. Pendidikan keluarga bukan hanya untuk orang dewasa tetapi penting bagi anak-anak remaja yang sedang tumbuh seperti kalian, “ajakan Pak Direktur disambut gembira oleh perwakilan Forum Anak Riau dari 12 Kabupaten/Kota.

Sayang sekali saya tidak sempat mencatat bahan presentasi Pak Direktur. Respon dari anak dan peserta lainnya cukup antusias. Saya pun mendapatkan pencerahan tentang arah dan tujuan pembinaan pendidikan keluarga yang menitikberatkan pada efektivitas partisipasi keluarga di sekolah anak-anak mereka.

Setiap keluarga peduli pendidikan diajak untuk hadir sekurang-kurangnya 4 kali dlaam setahun di sekolah anak-anak mereka. Pertemuan perdana saat mengantar anak di hari pertama sekolah menjadi momentum penting untuk menyelaraskan gagasan dan harapan pendidikan anak kita. Pertemuan berikutnya untuk kelas parenting dilanjutkan kelas inspirasi dan terakhir menyiapkan pesta akhir tahun pelajaran di sekolah bersama anak. Pak Sukiman menyampaikan bahwa piloting akan dilaksanakan di beberapa kabupaten/kota.

image

Konsep dan Implementasi Panutan

Saya meramu 5 K Layanan prima untuk 8 SNP yang dijalin dalam gerakan Panutan di Riau. Pemetaan masalah yang mengancam kehidupan anak-anak kita menjadi penanda yang memperbaharui slide lama yang disusun bersama Zamzam saat memulai penulisan Pedoman Pendidikan Ramah Anak. Azas perjuangan Ki Hadjar dan prinsip-prinsip Pendidikan Ramah Anak dielaborasi dengan kekinian dalam konteks pembangunan pendidikan di Riau.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s