Kolaborasi dengan Yayasan Sadagori

image

Desain Ruang Kreativitas Anak yang sederhana ini dibuat oleh Aprin dan Gunawan, relawan mahasiswa Teknis Sipil dan Arsitek Itenas yang bergabung di Yayasan Sadagori. Allah mempertemukan kami sesaat sebelum aku berhenti berharap. Ya. Masukan kritis dari Bu Yosi Bappenas tentang pentingnya visualisasi dari Panduan RKA yang tengah kami susun belum bisa kulaksanakan sampai hari itu.

Pesan yang Sangat Berharga

Saya selalu tersenyum mengingat kisah seorang sahabat yang menggali bermeter-meter ke dalam tanah untuk mencari emas dan menghentikan penggalian karena tidak ada hasilnya. Tapi tak lama setelah lubang galian tersebut ditinggalkan ada seorang pelancong yang datang dan tertarik untuk menggali beberapa jengkal ke dalam. Apa yang terjadi? Pelancong ini menemukan bongkahan emas. Kisah ini saya dengar dari suami dalam sesi bercerita kepada anak-anak kami. Kisah inspiratif yang selalu melecut semangat saya agar terus menggali ketika memutuskan mengawal sebuah gerakan.

Pesan dari Rafi melalui inbok di fb saya membuka kesempatan yang sangat berharga. Lecutan semangat pun terasa menemukan maknanya.

image

Aprin datang bersama Rafi dan Ina untuk mendiskusikan kampanye dan penerapan sekolah/madrasah aman dari bencana. Modul school roadshow yang ditunjukan Rafi serta beberapa narasumber dari BDSG dan Build Change USA yang memfasilitasi mereka sejalan dengan inisiatif Roadshow GERASHIAGA yang diusung sahabat-sahabat KerLiP.

Saya merasa sangat bersyukur ketika mengajak Aprin untuk melengkapi draft Panduan Pengembangan Ruang Kreativitas Anak yang siap difinalisasi Deputi TKA Kemppa minggu depan. Aprin membantu saya menambah lampiran Panduan dengan gambar desain yang dibuatnya bersama tim dari Sadagori dilengkapi keterangan ukuran dan beberapa sarana dan prasarana yang kami usulkan. Insya Allah gagasan bu Deputi untuk menyediakan RKA gratis bagi semua anak mendapat sambutan baik dari Pemerintah Kabupaten/Kota.

Saya pun memberanikam diri untuk mengajak teman-teman sealmamater berbagi ide desain RKA di grup alumni. Tentu saja dengan mengapresiasi Aprin dan Gunawan.

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s