Simphoni Bangsa untuk Bandung Juara

Kami tiba di kantor Dinas Pendidikan Kota Bandung lima menit dari waktu yang dijanjikan untuk bertemu dengan Kepala Dinas. “Wah makin tinggi aja nih!” seruku melihat Ngurah berdiri di hadapan. “Putraku sudah 3 bulan, Mbak, “jawab Ngurah. Kami meneruskan obrolan di ruang tunggu Kepala Dinas Pendidikan. “Sayang sekali ruang laktasinya berubah fungsi. Tempat sampah pun jauh ke luar ruangan, “imbuh Ngurah di sela-sela obrolan advokasi yang saya jalankan di tingjat nasional. “Bu Yanti, sakedap nya, “bahasa bibir Pak Elih terbaca ketika melintasi ruang tunggu diikuti para pejabat Dinas Pendidikan.

Tak terasa waktu sudah hampir pukul 12 saat kami memasuki ruang pertemuan Kepala Dinas. “Ini yang disebut SAE ASIH – Sarapan Enak Sehat Bersih dan Halal, “kupersilakan Ngurah dan teman-teman WVI mencicipi hidangan yang tersedia. Kami memulai pertemuan yang diarrange oleh Bu Sari dengan memperkenalkan diri dan maksud kedatangan kami. Pak Elih menyambut gembira rencana school roadshow yang menjadi bagian dari ASEAN Safe School Innitiative yang digiatjan Plan International dan Wahana Visi Indonesia.

image

image

image

Pak Elih, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandunge menyampaikan beberapa hal penting untuk memastikan keberlanjutan inisiatif yang naik ini. “Saya mengajak Kasubag program, Bu Pupung, dengan asumsi program ini lintas jenjang dan berharap semua anak sekolah bisa meningkatkan budaya sadar bencana. Sekolah memiliki beragam mutiara, mesti didiskusikan gimana strateginya agar inisiatif baik ini terasa meringankan beban. Sekolah menjalankan kurikulum. Bedah kurikulum dengan memetakan kompetensi di pelajaran tertentu lalu mengajak guru dan kepala sekolah mengaktualkan kurikulum dengan model-model yang beragam.  Bagaimana ide-ide ini ditemukan di dalam kurikulum akan membuat Kepala sekolah lebih welcome dan guru-guru semangat. Asumsi secara teoritik inisiatif ini sudah ada di kurikulum, misalnya sekolah aman dengan bedah mata pelajaran IPS menemukan kompetensi yang bersesuaian.
Jangan gunakan mode peminatan. Model aktualisasi pembelajaran seperri sekolah adiwiyara mulai dengan belajar IPA khususnya biologi terkait ilmu tumbuh-tumbuhan diperluas menjadi gaya hidup hijau. Sekolah sebagai taman yang menyenangkan yang diamanatkan Mendikbud diusung semua pihak terutama guru dna kepala sekolah dengan ragam cara yangg aktual.”

Beberapa hal penting yang saya catat, antara lain:
1. Bedah kurikulum.
2. Apersepsi dengan membuat peta tema
3. Gunakan kurikulum yang dibawa melalui inisiatif sekolah aman untuk memperkuat yang sudah ada Sekolah bukan hanya membuat nilai raport tapi program aktual juga diterima dg baik. Kemasannya baru tapi kompetensi yg dibangunnya tetap yang berlaku dalam keseharian pembelajaran.

Ngurah sari Plan menyatakan kesepakatannya dengan pointers  dari Pak Kadisdik. 15 sekolah yang akan dijangkau melalui roadshow untuk memunculka  pemahaman warga sekolah mengenai kebencanaan dan  bagaimana cara menyelamatkan diri.
Setelah roadshow Plan akan melaksanakan pelatihan guru, membedah rencana dan memetakan  kompetensinya.  Plan bekerja di Jakarta, praktik baik di Bandung diharapkan menjadi model sekolah aman yang akan dipromosikan ke ASEAN menunjukkan Indonesia sebagai country lead untuk sekolah aman.

Pak Elih menyampaikan harapannya agar 15.sekolah tersebut tersebar di Barat, Timur,  Utara, Selatan, dan Tengah. 15 SD yang dijangkau dengan cara berpikir yang aktual  mempermudah penyebarluasan inisiatif sekolah aman di semua sekolah di Kora Bandung. Pemerataan mutu yang diamanatkan Wali Kota Bandung menjadi niscaya. Anak-anak dan orang tua dengan bangga memilih sekolah yang dekat karena  semua sekolah memiliki karakteristik tersendiri.
PPDB di Kota Bandung sudah mendekatkan pilihan berdasarkan jarak dari tempat tinggal anak. Gedebage technopolis adalah salah satu upaya Wali Kota Bandung untuk memeratakan pembangunan.

Kami juga membahas beberapa hal teknis sebelum Ngurah dkk kembali ke Jakarta. Daniel dari WVI setuju untuk mencari jurnalis independen menuliskan proses dan mengelola pengetahuan yang ditemukan dan dikenali dalam school roadshow di Kota Bandung. Bu Sari segera merevisi usulan agenda roadshow dan berkoordinasi dengan Bu Pupung untuk mempersiapkannya lebih baik lagi.

Alhamdulillah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s