Berlaku Adil Kepada Diri Sendiri

Hari ini untuk pertama kalinya saya menyampaikan beberapa pertanyaan yang lebih selektif terkait undangan finalisasi panduan SRA dari Direktorat Pembinaan SD. Pengalaman minggu lalu saat menerima materi Sekolah yang Menyenangkan dari Bu Elly membuat saya mengambil jarak dari pekerjaan advokasi.

“Mbak, lu tuh dianggap murahan karena bisa tanpa dibayar apapun ngerjain kerjaan mikir, “kata salah satu anggota Litbang KerLiP ketika menyimak beragam kegiatan advokasi berbasis sms yang saya laksanakan bersama sahabat-sahabat KerLiP lainnya. “Sudah saatnya menyiapkan pensiun dengan mengambil waktu khusus untuk umroh, taubatan nasuha di Baitullah. Kegiatan sosial sahabat KerLiP sangat luar biasa. Berlaku adillah kepada diri sendiri, “ujar sahabat guru Makasar yang kini menjadi anggota DPR. Ucapannya diiringi dengan dukungan nyata untuk keluarga kami.

Gema takbir bersahut-sahutan menyambut gerhana matahari total yang melintasi nusantara. Saya menunggu dengan penuh rasa takut akan adzab Allah. Beberapa peringatan saya share ke beberapa wa grup yang aktif.

image

Di balik jendela terlihat mentari tertutup sebagian besar. Saatnya shalat kusuf. Khutbah dan doa dari berbagai masjid terdengar menggantikan gema takbir. Ya Allah ampunilah kami jauhkanlah kami dari adzabmu yang pedih. Berilah kami kesempatan untuk taubat dan menjemput saat pulang dalam keadaan husnul khotimah. Amin yra.

Mulai Selektif

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, adil a 1 sama berat; tidak berat sebelah; tidak memihak: keputusan hakim itu –; 2 berpihak kepada yang benar; berpegang pada kebenaran; 3 sepatutnya; tidak sewenang-wenang: para buruh mengemukakan tuntutan yang –;. Berlaku adil pada diri sendiri berarti tidak sewenang-wenang dan menempatkan diri sendiri pada tempat yang benar dan baik. Kita harus menempatkan diri kita agar tetap terjaga dan terpelihara dalam kebaikan.

[08/03 21:27] Zamzam Muzaki SM: Ibu diundang ke psd?
[08/03 21:40] yanti kerlip: Iya
[09/03 07:09] yanti kerlip: Zamzam hadir?
[09/03 07:09] yanti kerlip: Kl Zamzam hadir jd narasumber, ibu ngga usah
[09/03 07:09] Zamzam Muzaki SM: Knp bu?
[09/03 07:09] yanti kerlip: Draft panduan SRA nya ada?
[09/03 07:10] yanti kerlip: Ibu harus lebih selektif agar kerjaan ngga numpuk
[09/03 07:10] yanti kerlip: Modul yg diminta Bu Elly juga belum dikerjakan
[09/03 07:10] yanti kerlip: Aas sama sekali belum paham bedanya pedoman panduan, dan modul
[09/03 07:11] yanti kerlip: Panduan RKA yg diminta dituntaskan Pak Lalu juga belum diapa2in karena Pak Lalu ngga bisa melengkapi tanpa diskusi
[09/03 07:12] yanti kerlip: Bahan presentasi untuk Bu Elly juga terpaksa instan karena sakit dan tidak ada kabel charger laptop
[09/03 07:12] yanti kerlip: Fitry cukup membantu tapi terlambat
[09/03 07:15] yanti kerlip: Ibu mau minta Pak Lalu menggantikan ke Tapos
[09/03 07:25] Zamzam Muzaki SM: Zamzam blm tahu bu
[09/03 07:26] Zamzam Muzaki SM: Dokumen mana yg mau dikaji, pak agus waktu itu tlp.
[09/03 07:26] Zamzam Muzaki SM: Ntr ditanya
[09/03 07:27] Zamzam Muzaki SM: Zamzam lg ngerjain initial proposal utk disertasi yuvi dulu
[09/03 07:32] yanti kerlip: Ok

Obrolan langka dan peristiwa gerhana matahari total yang kabarnya hanya terulang 375 tahun sekali menandai perubahan baru dalam perjalanan kampanye dan advokasi Education for All a la KerLiP. Saya harus mulai selektif meskipun dengan berat hati. Kabar gembira dari Mas Aria yang kini bertugas di Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga tentang rencana penyusunan Pedoman Pendidikan Ramah Anak menggoda untuk dikawal intensif. Pertemuan dengan Melly Kiong memperkuat kesadaran kritis saya untuk berlaku adil terhadap diri sendiri.

image

Anugerah Ilahi

Analisa sidik jari yang dilakukan Pak Isa, staf ahli anggota Komisi VIII DPR menyadarkan saya tentang beragam talenta yang Allah berikan sejak masa konsepsi di dalam rahim almarhumah mamah. Sungguh menakjubkan mengetahui keseimbangan otak yang ditunjukkan dengan kemampuan yabg sama di ranah linguistik, logis matematis dan musik serta kemampuan responsif yang melampaui batas analisa.

Berkali-kali Pak Isa menegaskan bahwa di antara 12 ribu klien, hasil deteksi sidik jari saya merupakan yang keempat dengan penanda-penanda yang luar biasa. Biasanya orang yang memiliki kemampuan logis yang tinggi lemah dalam musikal. Kelemahan terbesar saya adalah tidak tahu bahwa bakat alami yang Allah anugerahkan kepada saya sangat langka dan luar biasa. Hal ini ditandai dengan kemampuan intrapersonal yang rendah.

Berlaku adil kepada diri sendiri juga termasuk mengasah anugerah Ilahi yang saya terima untuk memberi manfaat lebih banyak lagi kepada semesta tanpa membebani diri sendiri untuk melakukan semuanya.

Saatnya fokus untuk tazkiyyatun nafs.

Bismillah tawakkaltu alallah laa haulaa walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s