Kawal Indonesia Pintar

Konsistensi jurnalis keren dari Harian Analisa Medan dalam mengawal Indonesia Pintar sungguh mengagumkan. Saya kembali tergerak untuk menanggapi dengan sungguh-sungguh setelah memenuhi undangan diskusi Sekolah Aman-Anti Kekerasan atas nama Gerakan Indonesia Pintar. Tidak sedikit sahabat pegiat pemenuhan hak pendidikan anak yang bertanya mengapa nama saya tidak tercantum dalam lampiran undangan tersebut. Padahal nama lengkapnya ada mewakili Gerakan Indonesia Pintar dan Nurasiah Jamil mewakili KerLiP.

Waktu menunggu saya manfaatkan untuk berfoto bersama Prof. Arif dan kawan-kawan.

image

Gerakan Indonesia Pintar

Sejak didirikan tahun 2014 lalu, Gerakan Indonesia Pintar saya serahkan sepenuhnya kepada Sekjen dan wasekjen terpilih. Sayang sekali kesibukan Sekjen GIP yang bergiat di CDCC, GIM, MUI, Siaga Bumi, dst membuat gerakan ini berputar di sekeliling kami. Upaya Raka Pare dan SeKAM di Jabar dan Jateng dan rintisan Tampan di Riau sudah menjangkau ribuan anak putus sekolah. Namun demikian, temuan-temuan dari jurnalis Medan yang pernah menjadi koordinator program kami pasca erupsi Sinabung menggugah kesadaran baru. Saya share beberapa link yang sudah tersedia di website resmi.

image

Diperlukan gerakan untuk membantu peningkatan literasi kelompok miskin perkotaan dan pedesaan terhadap program Indonesia Pintar. Pemerintah sudah menyediakan berbagai situs terkait Program Indonesia Pintar, tapi belum menjangkau masyarakat termasuk para jurnalis peduli pendidikan di daerah.

Ayo kembalikan anak-anak kita ke sekolah. Sekolah yang mencerdaskan. Sekolah kehidupan. Sekolahnya manusia yang Bersinar Menyenangkan.

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s