Menyiapkan Forum Dialog Anak dan Orang Tua

Saya tertarik untuk memenuhi undangan yang dikirim Puspa dari Ditbindikel setelah melihat 11 nama yang terlampir. Sejak awal direktorat ini dibuka Mendikbud, saya meminta Bu Sari untuk mewakili KerLiP. Khusus untuk kegiatan hari kemarin, saya menyambut antusias ajakan Mas Aria untuk sharing setelah bergabung dalam wa grup sahabat keluarga.  Rupanya Ditbindikel sedang menyiapkan beberapa model pertemuan kecil untuk menggali respon kami dan mendorong kolaborasi terfokus dalam menggiatkan Gerakan Keluarga Peduli Pendidikan.

image

“Pertemuan anak dan orang tua yang tidak saling kenal akan diselenggarakan dalam waktu dekat untuk menggali perbedaan persepsi anak dan orangtua tanpa batas. Kami juga menyiapkan kegiatan pengembangan modul dalam berbagai bentuk yang disukai anak dan orang tua. Produk yang bisa dikonsumsi anak dan remaja diharapkan memiliki pesan sesuai misi bindikel yakni mewujudkan ekosistem pendidikan yang  menumbuhkan karakter dan budaya prestasi. Ada skema khusus yang dilaksanakan untuk mengumpulkan pendapat anak dan orang tua dalam beberapa pertemuan. Kami juga membuat event untuk mempertemukan anak dan remaja dengan orang tua untuk menghasilkan modul dalam bentuk infografis, meme, fiksi, buku bergambar, komik untuk anak dan remaja, PAUD – SMA/SMK, “kata Bu Nanik, Kasubdit Anak dan Remaja saat membuka pertemuan.

Setelah brainstorming mengenai kategori-kategori modul yang akan dihasilkan, Direktorat Bindikel akan menjangkau komunitas yang menghasilkan produk, sosialisasi, memproduksi, menilai dan menetapkan yang paling bagus lalu disajikan dalam gebyar tahunan. Pertemuan perdana ini untuk menajamkan hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam pertemuan orang tua dan anak.

Pak Direktur memperkuat dengan menyampaikan update hasil pertemuan dengan Mendikbud. “Kami menyamakan visi misi Direktorat Bindikel. Pak Menteri meminta dalam skala mikro, perubahan yang terjadi di sekolah dan orang tua perlu terukur. Rencananya penyempurnaan program akan disampaikan pada hari Kamis kepada Mendikbud Program yang cukup cemerlang diharapkan muncul dari pertemuan hari ini. Rencana mikro di level sekolah memanfaatkan potensi guru/wali kelas, institusi sekolah untuk memperkuat pembinaan pendidikan keluarga. Direktorat ini tidak berhak punya jalur perintah dst, “kata Pak Sukiman, Direktur Bindikel setelah memperkenalkan stafnya satu per satu..

Direktorat Bindikel akan mengemas dan melihat praktik-praktik baik yang sudah dijalankan keluarga dan masyarakat. Pak Sukiman menegaskan bahwa pertemuan orang tua yang mengantar anak pada hari pertama di sekolah akan terus diperkuat untuk meningkatkan komunikasi antara orang tua dengan wali kelas. Produk, jam, pertauran sekolah, semua aktivitas anak dan nomor-nomor penting di sekolah berharap disampaikan dalam  pertemuan awal.  Pentas akhir tahun sebaiknya digelar untuk menggembirakan anak. Orang tua pun akan mendapatkan bimbingan bagaimana mendampingi anak-anak menyiapkan panggung gembira.

image

Apresiasi dari orang tua untuk prestasi-prestasi yang non akademik seperti menjadi ketua kelas, pernah mewakili sekolah, rajin, pakaiannya selalu rapi perlu terus digalakkan. Arahan Pak Menteri agar pertemuan dilaksanakan 2 kali per semester perlu ditindaklanjuti segera dengan usulan materi perlu dibicarakan dg orang tua. Diujung tahun, orang tua yang aktif pun akan mendapatkan apresiasi. Kit untuk orang tua, buku saku dan 2 poster berisi pertanyaan2 dan lembaran mencek orang tua akan disajikan dalam infografis menarik.  Pak Direktur mendorong adanya keluarga hebat agar anaknya hebat.

Bu Nanik melanjutkan penjelasannya mengenai pertemuan hari ini setelah Pak Direktur pamit. Bagaimana kita akan melakukan setting forum dialog antara orang tua dan anak. 10 orang tua dan 10 anak yang tidak saling mengenal akan dipandu untuk dialog satu sama lain untuk kepentingan pendidikan anak. Masing-masing pihak bebas mengungkapkan apa adanya. Tidak perlu direkam. Aspirasi yang perlu disampaikan untuk hal-hal positif.; Tidak hanya sekali, sebagai ajang untuk memberikan masukan kepada kebijakan-kebijakan Pemerintah Beberapa tema terkait etika dalam bermasyarakat, disiplin lalu lintas, bullying, kekerasan seksual, penyalahgunaan obat terlarang, cybercrime, dan kesehatan reproduksi akan disajikan secara positif. Forum dialog akan dilaksanakan di Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Sumatera Barat, dan Bali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s