Menanti Festival ABK Berseri

Anak Berkebutuhan Khusus atau ABK mendapat perhatian serius dalam pemerintahan Pak Jokowi-JK. Lebih dari 30 SLB akan dibangun di kota/kabupaten yang belum terdapat SLB di seluruh Indonesia pada tahun 2016. Pendidikan inklusif pun terlihat dipercepat, sebanyak 12 provinsi dan 55 kota/kabupaten tercatat sudah mendeklarasikan sebagai provinsi/kota/kabupaten inklusif.

Saya mengawal harmonisasi RUU Disabilitas dengan UU Sisdiknas untuk memastikan terpenuhinya hak hidup bermartabat terutama hak atas pendidikan dan hak-hak anak penyandang difable. Undangan Bu Rena, Direktur Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Dikdasmen untuk memfasilitasi rakor ditbinapklk bersama Aas, Zamzam, dan Bu Sri Amin membuat sinergi antara masyarakat dan pemerintah untuk harmoni bangsa makin mengerucut mengarah pada kepentingan terbaik ABK. Hubungan baik dengan Pak Sodik Direktur Perguruan Darul Hikam yang kini menjadi wakil ketua Komisi 8, Pak Jalaludin Rahmat melalui Pak Isa yang dulu fasilitator SANDi KerLiP dan Pak Muharam, Kiai aktivis Majlis Zikir Kebangsaan, Kiai Maman, serta anggota komisi 8 DPR lainnya memperkuat Simphoni Bangsa untuk ABK. Upaya ini juga memperkuat kebersamaan nan indah saat menyusun program prioritas bersama Mbak Khofifah yang kini Mensos RI dan berlanjut pada pembentukan Tim Pokja TPPI dna KTPA Kemensos RI yang dipimpin langsung oleh beliau.

Keluarga Peduli Pendidikan Bersinar

Gerakan KerLiP Bersinar lahir dari harapan untuk meninggikan martabat ABK khususnya yang belajar di SLB. Gerakan yang dirintis di Jawa Barat ini diluncurkan oleh Ibu Nety Heryawan, istri Gubernur yang juga ketua P2TP2A pada tanggal 18 Desember 2015 di SLBN Cicendo. Lebih dari 10 SLB dan sekolah inklusif dari Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Bandung Barat hadir menerima Ensiklopedia Lintas Sejarah Indonesia dalam Literasi Visual yang menandai dimulainya Gerakan KerLiP Bersinar.

Tujuan utama Gerakan KerLiP Bersinar adalah mendorong tersedianya anggaran yang memadai agar ABK menikmati hak hidup bermartabat terutama bermain dan belajar bersama teman sebaya. Upaya untuk mempersaudarakan anak-anak sekolah inklusif dan SLB kami siapkan dalam Rapat Koordinasi Pembentukan Sekretariat Bersama Pemenuhan Hak Pendidikan Anak di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat pada Hari Ibu, 22 Desember 2015. Dukungan dana dari Pemerintah melalui Subdit Peserta Didik DitBinaPKLK Dikdasmen memperkuat kemitraan kami dengan sahabat-sahabat dari Forum Anak Jawa Barat, BP3AKB Jabar, Diskominfo Jabar, Disdik Jabar, BPBD Jabar, Asdep PHPA Deputi TKA KPPPA, Pokja KIB, Pemkot Cimahi, P2TP2A Jabar, Disdik Kota Bandung, SMPN 11 dan 35 Bandung, SLBN Cicendo, SLBN Pajajaran, Wiyata Guna, Kemensos, SLB Cipaganti, SLB Baleendah, SLB Kasih Ibu, SLBN Citeureup, MI Al Ghozali, Forum Pejuang Difable, Semesta Hati, SeKAM, Forum Komunikasi Peduli Anak Jabar, Forum SRA Nasional, Rumah Cita Kita, TK-SD Marhas, SMP-SMK Nurul Imam Kab Bandung Barat, BoemiMatahari, Advanced Course, FGII, Tim Pokja TPPO-KTPA, dst. Rencana Aksi SLB Bersinar pun berhasil disusun untuk Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung,dan Bandung Barat. Saat ini lebih dari 50 anak dari kelas digital SMPN 11 Bandung dan Semesta Hati dalam dampingan Duta Anak YES for Safer School menjangkau ratusan anak di SLBN Citeureup, SLB Baleendah, dan SLB Kasih Ibu mulai dengan kegiatan Safari GeMBIRA.

Proses belajar bersama ini tidak hanya ditujukan pada peningkatan partisipasi ABK dalam menerapkan SLB Bersinar tetapi juga bermanfaat bagi kami, duta-duta anak Bersinar, guru, orang tua dan seluruh sahabat Keluarga Peduli Pendidikan yang berpartisipasi dalam kegiatan rintisan ini. Foto di bawah ini saya ambil pada kegiatan di SLBN Citeureup tanggal 9 Februari 2016. Keluarga Peduli Pendidikan dari Semesta Hati menemani 20 peserta didiknya bermain dan gembira bersama puluhan ABK peserta didik SLBN Citeureup.

image

Menamai Berseri

Penamaan kegiatan lomba UKS di bawah pimpinan Bu Ning, Kasubdit Peserta Didik DitBinaPKLK Dikdasmen menjadi Festival ABK Berseri dilaksanakan dalam pertemuan informal pada hari Kamis, 11 Februari 2016. Saya mendapat kehormatan untuk berbagi praktik-praktik baik dalam pertemuan tersebut.

Gerakan KerLiP Bersinar yang sedang kami kembangkan di Jawa Barat menjadi pembuka obrolan pendidikan ramah anak (OPeRA) ini. Beberapa praktik baik lainnya seperti Sae Asih akronim dari Sarapan Enak, Aman, Bersih, Sehat, dan Halal dan Sanitasi, Sumber Air dan Energi yang aman, bersih dan hijau yang kami inisiasi di Jawa Barat, GeMBIRA Gerakan Membangun Indonesia Ramah Anak di sekolah/madrasah, Jamban Bersih,Sehat, dan Jujur-nya Ria, Zero Waste Event-nya Arlian, S3ASTer Senyum, Sapa, Salam, Adik Kelas Tersayang-nya Allisa, OrK3STRA Obrolan Kesehatan, Kesiapsiagaan, dan Keselamatan Terpadu Ramah Anak melengkapi paparan saya.

Rupanya Ibu Ning sudah menyusun rencana festival per jenjang berikut:
– SDLB : bercerita yang kemudian diubah menjadi Bertutur terinspirasi oleh Nusantara Bertutur
– SMPLB : membuat poster
– SMALB: membuat komik

Pak Yasef membungkus OPeRA kami dengan menamai lomba UKS untuk peserta didik SLB ini dengan kata Berseri. Bu Ning dan semua staf sepakat menggunakan menggunakan Berseri sebagai akronim Bersih, Sehat, Ramah Anak dan Inklusif. Penanda baru untuk penanaman budi pekerti bagi ABK yang bermain dan belajar di SLB. Kata Festival menggantikan lomba untuk menegakkan prinsip Berseri mengacu pada prinsip Sekolah Ramah Anak, yakni non diskriminasi dan demi kepentingan terbaik anak. Bertutur untuk penyandang tuna rungu akan dilaksanakan dalam bahasa isyarat yang dibantu dengan tulisan anak dan penerjemah khusus. Festival ABK Berseri pun siap dilaksanakan tahun 2016.

Insya Allah penanda baru yang baik ini akan menjangkau semua ABK di pelosok nusantara

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s