Gerak Cepat PKLK Hadirkan Negara dari Pinggiran

Semangat pagi…
Salam yang sering disampaikan untuk mendorong semangat belajar dalam berbagai pertemuan ini terasa lebih bermakna. Enam jam yang lalu update status di fb tentang kabar GeMBIRA dari  Direktur PSMK, Pak Mustaghfirin langsung mengundang ungkapan syukur dari para sahabat.

image

Rakor Pembinaan Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus sudah berjalan sejak tanggal 1 Februari. Hadir dalam rakor semua ketua LPMP dan Kasubdit serta kasie PKLK dari 34 provinsi.  Kabar gembira bagi para pegiat Gerakan Pendidikan Inklusif, Aman, dan Ramah Anak menyambut komitmen penuh dari Kemdikbud untuk bergegas menyiapkannya dengan dukungan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan yang disiapkan Satgas PMP.

Bu Ning yang Smart

Literasi tentang pendidikan inklusif menunjukkan bahwa pola pikir segregasi sudah saatnya digantikan. Pengembangan komunal yang srlama ini dikedepankan sekolah melalui tindakan kelas perlu diperkuat dengan pengembangan potensi individual. Konstitusi NKRI menjamin semua anak termasuk ABK menikmati hak atas pendidikan inklusif, aman, dan ramah anak untuk mengembangkan potensi diri secara aktif sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan anak secara individual.

Rintisan pendidikan inklusif di 12 provinsi dan 60 kabupaten/kota yang sudah mendeklarasikan pendidikan inklusif perlu diperkuat dengan sistem sumber yang lengkap. Kepala LPMP dan Kabid PKLK dari 34 provinsi yang hadir dalam Rakor Pembinaan PKLK Dikdasmen siap menggiatkan gerakan SeMAI 3T dan Serai hasil Rakor kemarin.

Gerakan Sekolah Menengah Afirmasi Indonesia atau Semai 3T terinspirasi Ibu Direktur yang lulusan IPB dan senang berkebun menggantikan istilah ADEM khusus untuk anak-anak dari daerah terpencil, terluar, tertinggal. Adalah bu Ning, Kasubdit peserta didik, yang secara eksplisit mencantumkan gerakan pendidikan inklusif, aman, dan ramah anak dalam bahan presentasinya. Bahan Bu Ning pula yang membuat para fasilitator sepakat untuk memperkuat penanda-penanda baru dalam pemenuhan hak pendidikan anak mulai dari Semai 3T, Serai, Bersinar, KILAUNusantara, dst.

Mari wujudkan ekosistem dan insan pendidikan dengan semangat gotong royong hadirkan negara bagi anak-anak yang dulu terpinggirkan atas nama penyeragaman.

Semua anak adalah unik. Mereka berhak menikmati indahnya bermain dan belajar bersama teman sebaya di sekolah inklusif,aman dan ramah anak

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s