Catatan Bu Ninuk: Ayo…Berkolaborasi

..Ketika teman-teman tanpa hambatan memberikan tutorial pada siswa dengan hambatan, kemampuan akademis dan sosial siswa penyandang hambatan meningkat secara tajam (Bell, 1990)…

Kelas kami warna-warni. Beragam sekali, dari tingkat kemampuan akademis, kondisi psikologis, sosial ekonomi, agama, budaya. Anak-anak istimewa dengan kebutuhan khususnya melengkapi. Seru, sudah pasti. Banyak konflik, tentu. Gaduh, iya.
Kami sebagai guru terus belajar untuk mengemas, mengorkestrasi agar harmoni.
Kolaborasi jadi pilihan kami. Anak-anak reguler dengan kemampuan akademis yg lebih baik menjadi ‘tutor’ bagi temannya. Anak-anak yang punya kemampuan lain  menyempurnakan.

Jadi saat kegiatan, membuat poster misalnya, anak yg satu menuliskan pesan, anak yang lain membuat gambar dan menghias poster. Saat memilah sampah, bersama-sama mencari tahu, mana yang organik, dan non organik. Yang sudah mengerti, coba membimbing, “hai, yang bukan  itu sampah organik..”. ” Disini sampah non organik disimpan, kan plastik, tidak bisa diolah lagi”.. .Jam olahraga menjadi waktu bagi anak-anak dengan minat yang sama untuk bermain bola dengan teman-temannya, tanpa kecuali.

Ketika belajar evakuasi,anak yang reguler memikirkan kondisi temannya yang dissabilitas. Waktu belajar, kembali guru harus bisa membuat semua siswa terlibat. Suatu waktu, pelajaran Bahasa Indonesia, kelas 8,  topiknya isu sosial. Membuat mading saja ya. Setelah prolog tentang apa itu isu sosial, anak-anak bergerak membuat mading. isu-isu sosial dituliskan anak-anak yang tidak bisa ‘bicara’ dalam konteks ide membantu menempel, memberi gambar, mewarnai…

Tantangan bagi anak-anak adalah ‘melawan’ diri sendiri, untuk tidak merasa  ‘lebih’ dari yang lain, dan belajar menghargai.

competition makes us faster. collaboration makes us better.

to be continued…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s