Menyiapkan Labshool Bersinar bersama FGII dan Semesta Hati

Kemitraan khas Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan (KerLiP) dengan Federasi Guru Independen Indonesia (FGII) sudah berjalan sejak saya pindah ke Jakarta dan bergabung dengan Koalisi Pendidikan di ICW. Kami sepakat membentuk Education Forum bersama multi pihak termasuk anak-anak perintis Gerakan Siswa Bersatu untuk mengawal pemenuhan hak pendidikan anak dengan mengadvokasi kebiajakan Ujian Nasional secara litigasi maupun non litigasi. Saya mendapat amanah sebagai union organizer bersama Ade Irawan dan kawan-kawan dalam rapat FGII di Lampung. Kemudianterpilih menjadi Wakil Sekjen FGII pada Kongres di Makasar tahun 2008 setelah aktif menjadi guru SMP Bakti Nusantara di Jakarta Timur. Keputusan KerLiP untuk kembali membangun basis di Jawa Barat pada awal tahun 2009 membuat saya dan sahabat-sahabat KerLiP lama tidak bermitra dengan FGII.

Pelatihan Sekolah Ramah Anak yang dilaksanakan di SMAN 24 adalah bentuk kemitraan resmi setelah kami kembali bersinergi dengan FGII melalui Ibu Tety Sulastri, guru Kimia SMAN 24, pernah menjadi wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan kini fokus mengaktifkan pengembangan kompetensi guru sebagai Bendahara FGII.

20151217_094827

Meningkatkan Produktivitas

Bu Lise berkali-kali menyampaikan tentang kesibukannya mengembangkan usaha mandiri di luar tanggung jawabnya sebagai guru di sekolah yang diselenggarakan masyarakat di Kota Bandung. Ia juga menjadi staf fraksi PPP di DPRD Jawa Barat. “Si Kembar kuliah di Seni Rupa ITB, Bu. Adiknya sudah di SMA sekarang. Suami memerlukan dukungan untuk membiayai sekolah anak-anak, “Bu Lise menjelaskan tanpa diminta di sela-sela obrolan pendidikan ramah anak antara Tety dan saya. Tety mengajak Bu Lise mampir di rumah untuk membicarakan rencana tindak lanjut OPeRA di Omah Cafe, 6 Januari 2016.Ada beberapa rencana kolaborasi KerLiP dengan FGII dalam upaya peningkatan kompetensi guru sebagai anggota. Saya juga sepakat dengan Tety untuk mengajak guru-guru di sekolah mitra KerLiP yang sedang merintis Gerakan keluarga Peduli Pendidikan Bersinar untuk bergabung memperkuat FGII.

Rinstisan Labschool Sinar sudah lama disiapkan Green SMile Inc. dibawah pimpinan Fitry. Dulu kami berencana untuk berkolaborasi dengan pemilik rumah di Jalan Purnawarman Bandung, Wisma Kodel Jakarta, Makasar, dan Deli Serdang. Rencananya fasilitas lahan dan rumah Bu Lise di Awi Ligar akan dikembangkan menjadi Labshool Bersinar di Bandung. Tim manajemen Sekolah Semesta Hati akan menjadi mitra kami dalam menyediakan SDM yang memiliki visi dan siap menerapkan Bersinar. Bu Nia dan Tim Litbang KerLiP akan diminta memulai kajian tentang Kurikulum Labschool Bersinar yang menjadi impian kami pada periode 2016-2019.

Alhamdulillah, Fitry, Tety, dan Lise antusias menyiapkannya mulai hari ini. Kami berencana meninjau rumah Lise di Awi Ligar. Labschool Bersinar ini akan melengkapi Gerakan Keluarga Peduli Pendidikan Bersinar di Semesta hati di Kota Cimahi, SMPN 11 dan SMPN 35 Bandung, TK_SD Marhas Kabupaten Bandung, dan SMP-SMK Nurul Imam di Bandung Barat. Keempat sekolah tersebut mengembangkan model sister school dengan SLB terdekat, yakni: SLB Kasih Ibu Kopo, SLBN Cicendo, SLBN Pajajaran, SLB Cipaganti, SLB Baleendah, dan SLB Citeureup. Kami sepakat untuk investasikan waktu, tenaga, dan pikiran setiap Selasa dan Jum’at menyiapkan Labschool Bersinar bersama pengurus FGII dan Semesta Hati.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s