IHT Sekolah Inklusif dan Ramah Anak di SMK Nurul Imam

image

Nur Afiatin tumbuh bersama Zamzam dan Ova menggiatkan Gerakan Keluarga Peduli Pendidikan sejak tahun 2005. Nur tinggal di rumah kami di Jakarta selama proses pendampingan rintisan Gerakan Siswa Bersatu dalam advokasi litigasi korban UN 2006. Kemudian kembali ke Bandung untuk melanjutkan pendidikan pasca sarjana UPI.

KerLiP bermitra dengan Rumah Belajar Bersama Edukasi di BIP mall yang dipimpin Nur pada tahun 2009. Nur mengembangkan aneka ragam model pemenuhan hak pendidikan anak termasuk menjadi guru di SMA PGII tempat putra kami memutuskan kembali ke sekolah. Kami juga berkolaborasi dalam penyelenggaraan Seminar Internasional yang dilaksanakan oleh Pasca Sarjana UPI tempat Nur belajar seiring dengan kampanye dan advokasi Sekolah/Madrasah Aman dari Bencana.

Undangan Nur yang pertama saya wakilkan ke Bu Sari terkait pendidikan keluarga. Beberapa hari yang lalu, Nur menghubungi saya melalui wa untuk memfasilitasi IHT di SMK Nurul Imam khusus materi  pengembangan Sekolah ramah anak. Saya mengajak anak-anak untuk mengantar dan bertemu Sahabat KerLiP yang luar biasa ini di tempatnya berkiprah.

image

Sekolah baru yang didirikan Doktor yang arsitek semestinya sudah memperhatikan kelaikan bangunan tahan gempa di dalam perencanaannya. Ada beberapa temuan yang perlu dielaborasi bersama untuk memastikan sarana prasarana yang disediakan benar-bemar mendukung pengembangan Sekolah Ramah Anak yang disiapkan Nur dan kawan-kawan.

Catatan Khusus

Kegiatan sosialisasi SRA saya mulai dengan menanyakan tujuan bangsa ini mendefisikan kembali tentang anak. Kata-kata hak dan kewajiban yang muncul dari jawaban Pak Usep menuntun saya untuk mengembangkan diskusi.  Bu Novy Anggi menyebutkan kata-kata pendidikan, untuk belajar, dan   menuntut ilmu saat menanggapi pertanyaan saya tentang hak dan kewajiban

Saya merasa frase kata “untuk belajar” mengandung arti hak untuk belajar dan kewajiban belajar. Pintu masuk yang menasik untuk membangun kesadaran kritis berwarga negara. Tak ada seorang pun, selain Nur tentunya yang pernah membaca pengertian pendidikan dalam UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Perlindungan Anak. Diskusi kosa kata makin menarik ketika Bu Dian, guru Bahasa Indonesia menjelaskan pengertian pendidikan, belakar, pengajaran, dan menuntut ilmu yang muncul dari pertanyaan Bu Ruri.

Menarik menyimak partisipasi guru-guru SMK Nurul Imam. Bu Ruri menanyakan tentang perbedaan Sekolah Inklusif dan Ramah Anak. Tentu saja kesempatan yang berharga bagi saya untuk mengenalkan LIRP Lingkungan Inklusif dan Ramah Pembelajaran. Informasi tentang Gerakan Keluarga Peduli Pendidikan Bersinar pun saya sampaikan dengan harapan SMK Nurul Imam bersegera menjadi salah satu model.

Materi paparan GeMBIRA bersama KerLiP “Bersinar itu Menyenangkan” dalam IHT di Nurul Imam saya ramu dari beberapa sumber. Slide “Hukuman bukan pendisiplinan” yang disampaikan oleh Pak Sutanto, Wakil Ketua KPAI dan beberapa slide paparan Ibu Elvy, Asdep Pemenuhan Hak Pendidikan Anak, Deputi TKA KPPPA, serta praktik-praktik baik di SMPN 11, SMAN 15, SMAN 1 Simpang Empat, SD Hikmah Teladan, dan beberapa informasi terkini dalam proses rintisan Gerakan KerLiP Bersinar melengkapi bahan Obrolan Pendidikan Ramah Anak kali ini.

Kegiatan Mandala Diri a la Bu Nia kami praktikkan bersama pada sesi kedua. Awalnya saya meminta Nur, guru, dan TU  Nurul Imam mengisi matriks analisa praktik baik yang dikembangkan dari 8 pertanyaan Zamzam dalam kajian pengembangan kreativitas. Waktu yang tersedia tinggal 30 menit jelang Jum’atan. Saya putuskan untuk menggunakan pos it dan kertas HVS yang tersedia untuk Mandala Diri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s