ToT Sekolah Bersinar a la Bu Nia di SMPN 11 Bandung

Assalamu’alaikum Wr.Wb. bu Yanti.

Semoga Allah selalu melimpahkan karuniaNYA untuk kita semua. Mendapat berkah sehat di akhir tahun ini selalu diharapkan agar kita semua bisa membuat rencana dengan baik untuk tahun yang akan dijalani berikutnya.

Catatan proses TOT Sekolah Bersinar berikut ini akan saya urai menjadi beberapa bagian. Pertimbangannya karena proses yang terjadi begitu unik dan khas, walaupun saya belum berhasil mendokumentasikannya secara detail, tetapi baru pada tahap apresiasi untuk anak yang akan mewakili tiap kelompoknya, semoga hal tersebut dapat mewakili ya bu.

Pada saat mereka berproses pun ditemukan beberapa hal menarik sehingga menurut pendapat saya sebagai fasilitator belajarnya, hal tersebut akan menjadi proses yang sangat khas dalam sekolah bersinar maupun dalam kelas ramah anak. Misalnya anak-anak sudah sangat terbiasa saat akan memulai proses pembelajaran akan membukanya dengan doa dan menutup kegiatan pembelajaran pun dengan doa. Doa dipimpin oleh orang yang berbeda. Demikian juga saat mereka ada kelompok, setiap orang memiliki perannya masing-masing, sehingga dinamika kelopoknya pun sangat unik dan menarik.

TOT Sekolah Bersinar kali ini adalah salah satu upaya saya dalam menyiapkan mereka menjadi totor sebaya maupun sebagai peer helping. Besar harapan saya, mereka dapat melakukan hal yang sama saat melaksanakan rangkaian kegiatan YES For Safer School di sekolah lain maupun saat bersama teman-temannya di SLB Bersinar.  Sementara itu, saat saya manyampaikan materi tentang mandala diri pada anggota GSB Bersinar, saya dapat menemukan potensi baik yang dapat menguatkan dalam pendampingan serta menyakinkannya tentang penemuan potensi dirinya.

Dalam CACT yang saya siapkan, saya menggabungkan toolkit YCM Ashoka dan CACT yang biasa KerLiP lakukan. Saya menggunakan istilah Mandala Diri karena nanti akan ditindak lanjuti dengan book of me dan dream board tim. Saya pun menyiapkan 4 pertanyaan produktif yang dapat membantu setiap anak untuk dapat menemukan potensi dirinya. Pertanyaan tersebut adalah sebagai berikut:

 

  1. Ceritakan tentang lagu yang sangat menginspirasi kalian dan menggambarkan perasaan kalian saat ini.
  2. Ceritakan hal sangat membanggakan kalian dalam 1 tahun terakhir tetapi bukan prestasi akademik maupun tentang kejuaran.
  3. Ceritakan tentang keinginanmu yang sampai hari ini belum tercapai.
  4. Ceritakan tentang rencana kalian dalam mewujudkan Sekolah Bersinar dalam 6 bulan kedepan, baik sebagai anggota GSB Bersinar maupun sebagai siswa SMPN.11 Bandung.

 

Mungkin saya akan mengirimkan emailnya secara acak bu. Seandainya ibu akan menyimpan catatan saya di blog, saya berharap ibu menunggu sampai rangkaian ceritanya lengkap. Tetapi seandainya menurut ibu tidak perlu urut, silahkan saja, bagaimana baiknya saja ya bu. Insyaallah foto akan saya kirimkan juga secara terpisah ya bu.

 

Terakhir seperti biasa bu, saya mohon masukan dan saran perbaikan dari semua pihak demi kepentingan terbaik anak-anak kita. Mungkin itulah sebabnya kenapa saya selalu memberanikan diri untuk membuka kelas saat proses belajar di lakukan agar semua pihak yang berkepentingan dapat bersama-sama merefleksi prosesnya.

Semoga bermanfaat.

Nia Kurniati.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s