MANDALA DIRI RAFLI: HORMAT, KREATIF, dan BERUSAHA

Rafli

“Perkenalkan, nama saya Rafli Abshar Fadillah”, itu ucapnya saat dia membacakan Mandala dirinya. Rafli mewakili kelompoknya untuk menceritakan tentang Mandala Diri. Dia memilih menceritakan miliknya sendiri. Ucapnya saat dia berceria tentang lagu yang paling menggambarkan perasaan saat itu “Saya memilih lagu yang sama dengan Nadhira yaitu Flashligth tapi maknanya beda. penggalan lirik yang menginspirasi saya adalah:

I got all I need when I got you and I,

I look around  me and see sweet life,

I’m stuck in the dark but you’re my flashlight.

 

Can’t stop my heart when you shinin in my eyes,

can’t lie, it’s a sweet life,

I’m struck in the dark but you’re my flashlight

Kalau dengar lagu itu saya  ingat ibu, karena ibu yang selalu support saya, dan memberi jalan dari semua kesulitan saya. Beliau adalah  orang yang paling memahamiku dan selalu mendampingi saat aku membutuhnya. Ibu adalah segalanya untukku dan betapa besar cinta saya untuk ibu.”.

Saat dia bercerita, terdengar suaranya bergetar dan kepalanya menunduk cukup lama, sambil tangannya memegang kacamata. Dia menahan tangisnya pecah. Lalu ucapnya, “kemudian teman-teman saya memberi apresiasi dari cerita saya, Shesa mengatakan saya berbakti. Disa bilang, saya hormat. Anggia bilang saya menghargai serta Jessica dan Ariana mengatakan hal yang sama yaitu penyayang”.

Kemudian setelah dia bisa mengatasi perasaannya kembali dia berbagi bercerita tentang hal yang paling membanggakan dalam satu tahun terakhir. Ucapnya sangat tegas dan tanpa ragu, “hal yang paling membanggakan adalah saya bertemu dengan guru yang mengajarkan untuk saling menghargai”. Tentu saja, ucapan itu ditujukan untukku, Lalu semua anak bertepuk tangan, dan dia tersenyum lebar  dengan rasa hormat….ah…terharu rasanya… Lalu dia melanjutkan ceritanya,” keempat teman dalam kelompok saya mengatakan saya menghormati, sedangkan Ariana bilang saya berbakti”.

Saat dia menceritakan tentang keinginannya yang belum pernah tercapai, semua teman-temannya tertawa. Dia mengatakan, “sampai saat ini saya ingin membeli baju dengan uangku, tapi tidak pernah tercapai karena membelinya harus menggunakan ATM, sedangkan saya tidak memilikinya”. Lalu saya meminta teman-temannya mendoakan, semoga pulang dari kegiatan ini, dia bisa mendapatkan ATM, dan semuanya meng”amin”kan nya. “Tiga teman saya mengatakan pantang menyerah, dan Ariana serta Dissa mengatakan saya berusaha”. Ternyata dia masih anak-anak. Keinginannya sesederhana itu.

Begitu dia menceritakan bagian terakhir dari mandala dirinya, dia bilang “ tiga teman saya mengatakan saya kreatif, sedangkan Shesa dan Anggia mengatakan saya inspiratif”. Lalu apa sebenarnya yang dia ceritakan pada teman dalam kelompoknya? Ternyata saat dia harus menjelaskan tentang apa yang akan dia lakukan dalam 6 bulan ke depan jika dikaitkan dengan kesempatan besar yang sudah dia dapatkan yaitu berada dalam tim GSB Bersinar. Dia mengatakan, “saya akan menghias kelas dengan rambu-rambu evakuasi yang diperlukan dalam YES for Safer School”. Saya pun setuju, anak ini benar-benar kreatif dan inspiratif.

Dan akhirnya dengan mantap dia mengatakan, “tiga kata yang saya pilih dan akan menjadi potensi baik saya adalah: Hormat, Kreatif, dan Berusaha”.

Itulah cerita singkat selama 2,12 menit yang dilakukan Rafli. Semakin menguatkan keyakinanku, bahwa saat anak yang dibesarkan dengan penuh kasih sayang di rumahnya, maka dia akan menjadi pribadi yang santun dan penuh rasa hormat. Semoga saya sebagai guru maupun orangtuanya di sekolah dapat menjaga sikapnya hingga dia dewasa nanti dan saya bisa membantunya mewujudkan semua mimpi baiknya.

 

diterima dari Ibu Nia Kurniati, Guru SMPN 11 Bandung, 27 Des 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s