Bagian 1: Mandala Diri dengan Lagu

Saat tahap ini dilakukan, saya yakin semua anak mempunyai cerita yang menarik. Sayang saya tidak dapat merekam semua cerita anak. Sebelum kegiatan berlangsung, saya membuat rencana bahwa setiap anak sambil bercerita dia harus merekam ceritanya dengan menggunakan HP masing-masing. Tetapi kemudian saya khawatir prosesnya jadi tidak alami, dan akhirnya saya membatalkannya. Sehingga saya hanya bisa merekam cerita beberapa anak saja.

Catatan saya mulai dari ceritanya Allifa-kelompok 3.

Dia memilih lagu Sepatu dari Tulus. Tahap ini sangat menginspirasi Nadia-teman satu kelompoknya. Menurut Allifa, lagu sepatu itu menggambarkan tentang indahnya persahabatan mereka seperti layaknya sepatu. Sepatu-biasanya dipakai sepasang, saat sepatu hanya ada sebelah, maka dia menjadi tidak berarti apa-apa. Gambaran itu, dia tujukan untuk sahabatnya, yang saat kegiatan berlangsung tidak bisa hadir. Ucapnya, “ hari ini, kami merasa kehilangan dan jadi tidak lengkap karena sahabat kita tidak bisa hadir, ya…seperti sepatu itu”. Senyum Allifa tak lepas dari bibirnya, demikian juga bundanya. Sempat tertangkap kamera, bunda tampak bangga dapat menyaksikan anaknya belajar dengan suasana menyenangkan.

Lain lagi cerita dari Rafli dan Nadhira.

Kedua anak ini memilih lagu yang sama, padahal mereka berada dalam kelompok yang berbeda. Lagunya berjudul Flashlight. Tetapi yang unik adalah mereka memiliki alasan yang berbeda. Rafli tentang kasih ibunya sedangkan Dhira-itulah panggilannya, menjelaskan tentang persahabatan. ”Lagu itu tentang sahabat yang selalu menemani”. Ternyata ceritanya Dhira telah menginspirasi Anggita. Sementara itu, Dhira sangat terinspirasi dengan ceritanya Candra. “Lagu ini bercerita tentang dua orang sahabat yang dikucilkan masyarakat, tetapi mereka menganggap bahwa semua itu adalah ujian dan mereka menjadi lebih bersemangat dan  yakin bahwa mereka akan bermanfaat bagi masyarakat”. Itulah cerita Candra.

Beda lagi dengan Iasya dari kelompok 1.

Dia lebih memilih untuk menceritakan Mandala Diri milik Sahlan. “Saya memilih Mandala Diri Sahlan karena ceritanya sangat insipiratif”. Dia pun  bercerita, “ Sahlan memilih lagu Bunda karena dia sangat berterimakasih pada bundanya yang telah melahirkannya serta selalu menemaninya hingga saat ini”. Lalu Aisha dari kelompok 2 memilih menceritakan tentang Mandala diri miliknya dan dia menceritakan tentang lagu yang menginspirasi dirinya, ucapnya,” soalnya lagu ini menginspirasi aku banget untuk selalu bangkit dan bersemangat ”. Lain lagi dengan Syifa dari kelas 7.5, dia memutuskan akan menceritakan Mandala Diri milik Alifia. Katanya,” lagu pilihan teman saya adalah lagu Photograf. Lagu itu mengingatkan Alifia pada teman lamanya yaitu sahabat spesialnya”. Sementara itu, Fina memilih lagu Strong. Katanya,”jika lagi sedih kita harus kuat jangan sampai menyerah”.

Cerita dibalik lagu yang mereka pilih begitu berharga dan semuanya terasa penting. Semakin meyakinkan saya bahwa betapa hebat dan istimewanya mereka, karena dari hal-hal yang sederhana dan biasa saja yaitu dari lagu ternyata mampu mereka kemas menjadi sebuah bahan diskusi yang penting dan serius tapi tetap dalam suasana santai. Saat proses belajar berlangsung, saya menemukan dinamika kelompok yang menarik dan unik. Ternyata mereka mampu saling menanggapi dan mengapresiasi dengan sangat baik. Bahkan beberapa kelompok memutuskan untuk mencerikan Mandala Diri temannya dibandingkan miliknya sendiri dengan berbagai alasan, ada yang tampak belum berani menceritakan miliknya sendiri. Ada juga yang memilih cerita orang lain karena sangat menginspirasi dirinya dan dia ingin teman-teman lainnya pun terinspirasi juga. Tetapi ada juga yang memilih menceritakan Mandala Diri miliknya karena rasa percaya dirinya sudah mulai tumbuh. Bukankah hal ini sangat menarik untuk dijadikan bahan penelitian dan kajian lanjutan?

Khusus untuk dinamika kelompok, akan saya buatkan khusus catatannya ya bu.

Nia Kurniati, Guru IPA SMPN 11 Bandung, 27 Des 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s